MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH Teori dan Praktek

Muhajir, (2015) MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH Teori dan Praktek. FTK Banten Press, Serang-Banten. ISBN 978-602-340-024-9

[img] Teks
Manajemen Berbasis Madrasah.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) merupakan sebuah gagasan bahwa madrasah harus mandiri dari segala hal, baik pendanaan, akademik, pengelolaan sarana prasarana, manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), maupun manajemen yang lain. Gagasan baru tentang MBM ini merupakan keharusan bagi setiap madrasah, di mana era-nya sudah menghendaki seperti itu, yaitu era otonomi daerah. Madrasah harus dapat berdiri di atas kaki sendiri dan menjadi lembaga pendidikan Islam yang kuat ke depan. Untuk bisa mandiri secara kuat, maka madrasah harus mempunyai sistem yang mapan dan kuat. Buku ini menggambarkan mulai dari konsep dasar MBM yang berisi tentang betapa idealnya konsep MBM yang terlahir dan diilami oleh gagasan baru tentang kemadirian madrasah dan tuntutan otonomi daerah. Dilanjutkan peran berbagai pihak dalam MBM, seperti peran pemerintah pusat/Kementerian Agama dan Kanwil, peran komite madrasah dan pengawas, peran kepala madrasah, pean guru dan administrator, peran orang tua dan masyarakat. Masing-masing peran ini diharapkan memberikan kontribusi yang positif dan dinamis demi kemajuan madrasah. Buku ini tidak hanya berisi tentang teori MBM tetapi juga bagaimana implementasi MBM tersebut seperti melakukan sosialisasi, mengembangkan mitra madrasah, merumuskan aturan madrasah, peran unsur-unsur, kebiasaan dan hubungan antara unsur, menerapkan prinsip tata kelola yang baik, mengklarifikasi fungsi dan aspek manajemen berbasis madrasah, meningkatkan kapasitas madrasah, mendistribusikan kewenangan dan tanggung jawab, menyusun, melaksanakan, memonitor dan mengevaluasi RPM/RKM. Pembahasan-pembahasan ini merupakan praktik dar konsep yang telah dibangun dalam MBM. Setelah dilaksanakan praktek MBM, tentunya harus diadakan monitoring dan evaluasi (monev), buku ini juga dilengkapi pembahasannya tentang komponen-komponen yang dimonitoring dan dievaluasi, jenis monitoring dan evaluasi, indikator keberhasilan MBM, dan teknik penyusunan monitoring dan evaluasi, indikator keberhasilan MBM, dan teknik penyusunan monitoring dan evaluasi. Dengan demikian isi buku ini lengkap sebagai panduan manajemen berbasis madrasah antara teori dan praktik

Tipe Item/Data: Buku
Informasi Tambahan: Dr. Muhajir, MA. Lahir di Kebumen, 28 Desember 1970. Penulis adalah dosen tetap Ilmu Pendidikan Islam di Institut Agama Islam (IAIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten. Penulis menyelesaikan studi sarjananya pada bidang Pendidikan Agama Islam di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (1995). Program Pascasarjananya (S2), ia selesaikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada bidang Pendidikan Islam (2003). Program doktor, ia selesaikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada bidang yang sama, yaitu Pendidikan Islam (2011). Ayah dari Faiz Arfan Bahar, Faza Farzanggi Muhajir, Farih Al-Haq Muhajir saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Program Pascasarjana IAIN “SMH” Banten dari tahun 2011- sekarang. Sebelumnya penulis pernah menjabat Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) “Tiara” Jakarta (2008), Ketua Yayasan Nur El-Qolam Banten (2005 – sekarang), Direktur PGTK Permata Indonesia Serang (2008-2010), Ketua Perguruan Tinggi Nur El-Qolam (2009-sekarang). Suami Tri Yuni Hartati, A.Md. ini aktif menulis artikel yang dimuat di beberapa jurnal antara lain, Perjumpaan Sufisme dan Agama-agama Lain di Dunia, dipublikasikan oleh Media Pembinaan, Majalah Bulanan Kanwil Departemen Agama Jawa Barat. No. 08/XXVIII November 2001. “Madrasah-madrasah di Makkah dan Madinah”, dimuat dalam (Jurnal Ilmiah Bidang Keagamaan dan Kemasyarakatan), Vol. 20/No. 98, 99/JuliDesember 2003. Kurikulum Madrasah Orde Reformasi – 2007 (Analisis Pengembangan dan Pembaharuan ke Arah Modern), dimuat dalam Jurnal Tazkia, Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan, Vol. IX No. 02, 2008. Pergeseran Kurikulum Madrasah dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, (buku) merupakan penelusuran penulis tentang kurikulum madrasah dan kebijakan pendidikan nasional, Manajemen Berbasis Madrasah (Teori dan Praktek), (buku), berkaitan dengan manajemen madrasah baik secara teori maupun praktek, Materi dan Metode Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an, (buku) yang di tangan anda ini merupakan penelusuran penulis tentang ayat-ayat al-Qur’an mengenai materi dan metode pendidikan anak.
Kata Kunci (keywords): Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Madrasah, Pengelolaan Madrasah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 22 Des 2017 08:41
Perubahan Terakhir: 22 Des 2017 08:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1481

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.