Nursani, Kiagus Ferdy (2024) Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas IX di MTs An-Nahl Taktakan Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_1712101454_Cover.pdf Download (145kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_1712101454_Lampiran Depan.pdf Download (768kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_1712101454_BAB I.pdf Download (207kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_1712101454_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (349kB) |
||
Teks
S_PAI_1712101454_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (121kB) |
||
Teks
S_PAI_1712101454_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (291kB) |
||
|
Teks
S_PAI_1712101454_BAB V.pdf Download (43kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_1712101454_Daftar Pustaka.pdf Download (188kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai moderasi beragama aspek nasionalisme dalam pembelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs An-Nahl Kota Serang tahun pelajaran 2022/2023, untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai moderasi beragama aspek toleransi dalam pembelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs An-Nahl Kota Serang tahun pelajaran 2022/2023, untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai moderasi beragama aspek anti kekerasan dalam pembelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs An-Nahl Kota Serang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman, yakni dengan beberapa langkah: pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama aspek nasionalisme dilakukan dalam beberapa tahapan yakni tahap moral knowing, moral feeling, dan moral action dilakukan secara kondisional diintergrasikan ke dalam pembiasaan, ceramah, penugasan, demonstrasi, kerja tim, menginternalisasikan melalui kegiatan upacara, bertawasul sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai, kajian kitab, kegiatan di hari besar. 2) internalisasi nilai moderasi beragama aspek toleransi yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik yang didukung oleh seluruh masyarakat dengan bentuk penghayatan mencapai ke dalam tahap moral action. 3) Wujud internalisasi aspek anti kekerasan dalam pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak adalah dengan tahap moral knowing, feeling, dan action yang terintegrasi nyata yakni berdoa sebelum penyampaian materi, memberikan candaan saat menyampaikan topik bahasan, memberikan motivasi melibatkan kelompok untuk meningkatkan dan melatih kecakapan kerja sama tim dengan membuat film mengenai anti kekerasan, pembulian, dan menghindari kekerasan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Internalisasi Nilai-Nilai, Moderasi Beragama, Pelaksanaan Pembelajaran, Akidah Akhlak |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 29 Jun 2024 03:47 |
Perubahan Terakhir: | 29 Jun 2024 03:47 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14802 |
Actions (login required)
Lihat Item |