Penerapan Metode Small Group Discussion pada Kajian Kitab Washoya Al-Aba Lil Abna di Pondok Pesantren At-Thohiriyah Kaloran Serang - Banten

Fuadi, Fuadi (2024) Penerapan Metode Small Group Discussion pada Kajian Kitab Washoya Al-Aba Lil Abna di Pondok Pesantren At-Thohiriyah Kaloran Serang - Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_161210190_Cover.pdf

Download (96kB)
[img] Teks
S_PAI_161210190_Lampiran Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_PAI_161210190_Bab I.pdf

Download (115kB)
[img] Teks
S_PAI_161210190_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (266kB)
[img] Teks
S_PAI_161210190_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (62kB)
[img] Teks
S_PAI_161210190_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (260kB)
[img] Teks
S_PAI_161210190_Bab V.pdf

Download (85kB)
[img] Teks
S_PAI_161210190_Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan tentang Penerapan Metode Small Group Discussion pada kajian kitab Washoya Al-Aba Lil Abna di Pondok Pesantren At-Thohiriyah Kaloran Serang-Banten. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan metode Small Group Discussion ini melalui 3 tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. hal itu dilakukan agar diskusi berjalan sebagaimana mestinya. Langkah awal yang dilakukan pengajar adalah mempersiapkan terlebih dahulu setup kebutuhan yang diperlukan dalam diskusi. Mulai dari admistrasi sampai bahan ajar yang akan disampaikan. Selain itu pengajar juga memberikan pengantar dan motivasi pada santri agar santri semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Setelah memberikan pengantar dan penjelasan terlebih dahulu, barulah pengajar memulai diskusi. Dalam penerapannya pengajar senantiasa berpatokan pada teori dan keadaan yang ada. Langkah terakhir yang dilakuan setelah diskusi adalah mengevaluasi apa yang telah dilaksanakan. Mulai dari menjawab kebingungan santri atau meluruskan pemahaman santri yang salah dan memberikan beberapa pertanyaan pada santri mengenai kajian yang telah didiskusikan sebagai bentuk pemahaman dan keseriusan santri dalam mengikuti metode Small Group Discussion. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Small Group Discussion pada kajian kitab Washoya Al-Aba Lil Abna di pondok pesantren At-Thohiriyah Kaloran Serang Banten telah sesuai dengan teori- teori dan langkah-langkah dalam metode Small Group Discussion. Sehingga penerapan metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa di dalam diskusi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penerapan, Metode, Efektif
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 27 Jun 2024 04:50
Perubahan Terakhir: 27 Jun 2024 04:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14775

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.