Model Pembelajaran Probing Promting Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 2 Cilegon

Apriyani, Wulan (2024) Model Pembelajaran Probing Promting Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 2 Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210054_Cover.pdf

Download (123kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210054_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210054_BAB I.pdf

Download (662kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_191210054_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (407kB)
[img] Teks
S_PAI_191210054_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (345kB)
[img] Teks
S_PAI_191210054_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (360kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210054_BAB V.pdf

Download (8kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210054_Daftar Pustaka.pdf

Download (920kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berfikir peserta didik pada mata pelajaran fiqih, untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran probing promting pada mata pelajaran fiqih, dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran probing promting dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data, setelah mendapatkan data-data dengan wawancara, observasi serta dokumentasi, peneliti membuat kesimpulan teori-teori yang mendukung yang peneliti jadikan dengan sebuah naratif atau diagram, kemudian kita membuat kesimpulan dari semuanya dan kesimpulan ini bersifat fleksibel sesuai dengan bukti-bukti dan data yang kita dapatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Penerapan model pembelajaran probing promting dalam mata pelajaran fiqih berlajan efektif. 2). Kemampuan berfikir siswa pada mata pelajaran fiqih sangat terbantu dengan menerapkannya model pembelajaran probing promting. Selanjutnya upaya yang guru lakukan untuk mengasah atau meningkatka kemampuan berfikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran probing promting sangat membantu guru untuk mencapai tujuan itu. 3). Model pembelajaran probing promting sangat efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Menurut guru mata pelajaran fiqih dengan menggunakan model pembelajaran ini membuat peserta didik menjadi aktif dalam pembelajaran dengan berdiskusi dan juga tanya jawab, membuat peserta didik bersemangat ketika belajar dan membuat pembelajaran menjadi menarik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran Probing Promting, Kemampuan Berfikir Peserta Didik, Mata Pelajaran Fiqih
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Jun 2024 06:45
Perubahan Terakhir: 25 Jun 2024 06:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14759

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.