SYAMSUDIN, SYAMSUDIN (2017) MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH SYEKH CILIWULUNG CAKUNG KECAMATAN BINUANG KABUPATEN SERANG. Magister thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (HALAMAN DEPAN)
depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (426kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB III)
BAB 1,2,3.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (608kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV; BAB V; DAFTAR PUSTAKA)
BAB IV, V, DAPUS.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (660kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pondok pesantren salafiyah merupakan lembaga pendidikan nonformal yang kurang memperhatikan mutu/ kualitas pendidikan. Adanya integrasi antara pondok pesantren dengan madrasah mengharuskan pondok pesantren meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mutu pendidikan, (2) faktor pendorong, (3) faktor penghambat, (4) upaya meningkatkan mutu pendidikan, dan (5) peranan pondok pesantren salafiyah terhadap masyarakat. Penelitian dilakukan pada santri, ustadz, pengelola dan tokoh masyarakat pada Pondok Pesantren Darul Hikmah Kecamatan Binuang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisa data, penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) adanya pendidikan yang bermutu di pondok pesantren Darul Hikmah yang ditandai dengan adanya metode pembelajaran yang bervariasi berupa wetonan, sorogan, bandungan, diskusi dan mudzakarah. Akhlak para santri Pondok Pesantren Darul Hikmah Kecamatan Binuang dalam berinterkasi dengan masyarakat sekitarnya menunjukkan adanya kesesuaian antara harapan dengan tuntutan masyarakat; (2) faktor pendorong terwujudnya mutu Pondok Pesantren Darul Hikmah Kecamatan Binuang adalah adanya kharismatik dari Kyai dan ustadz, sistem pendidikan salafiyah, peralatan dan sarana, karakter dan motivasi santri, lokasi dan lingkungan, serta faktor biaya yang terjangkau; (3) Faktor penghambatnya meliputi sumber belajar yang masih kurang, peralatannya yang sederhana, intelektualitas para santri yang masih rendah dan kondisi perekonomian orang tua santri yang belum baik; (4) upaya meningkatkan mutu pendidikan dilakukan dengan meningkatkan kualifikasi dan kompetensi ustadz, melengkapi sarana dan prasarana, dan berprestasi secara kompetisi; (5) Pondok pesantren terlibat aktif ikut serta dalam kegiatan di masyarakat maupun lembaga pemerintahan. Hasil penelitian ini bisa digunakan para santri untuk meningkatkan hasil belajarnya, juga para ustadz agar bisa menggunakan metode mengajar dengan tepat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | mutu, pendidikan, pondok pesantren |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 29 Des 2017 09:23 |
Perubahan Terakhir: | 29 Des 2017 09:23 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1470 |
Actions (login required)
Lihat Item |