Farhah, Sugiarti (2024) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Penyesuaian Diri Santri Di Pondok Pesantren Nurul Abror Kampung Bojongloa Kecamatan Pamarayan Kabupaten Serang Provinsi Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_191520097_COVER.pdf Download (103kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520097_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (633kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520097_BAB I.pdf Download (373kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_191520097_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (260kB) |
||
Teks
S_BKI_191520097_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (320kB) |
||
Teks
S_BKI_191520097_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (414kB) |
||
|
Teks
S_BKI_191520097_BAB V.pdf Download (152kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520097_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pertumbuhan, pemahaman, dan keterampilan melibatkan hubungan antara individu dan lingkungannya, serta berperan dalam membentuk karakter seseorang. Hal ini mengakibatkan informasi yang diperoleh diolah menjadi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Keadaan pembelajaran yang efektif hanya dapat tercapai apabila interaksi antarpersonal berjalan lancar, yang memungkinkan individu untuk membentuk hubungan tanpa adanya sesuatu yang mengganggu pergaulannya. Penyesuaian diri merupakan suatu proses yang melibatkan respon-respon mental dan perbuatan individu dalam upaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan, dan mengatasi ketegangan, frustasi, dan konflik dengan memerhatiakan norma atau tuntutan lingkungan dimana dia hidup. Namun rendahnya penyesuaian diri santri di pondok pesantren berpengaruh kepada kehidupan dan aktivitas di lingkungan pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap penyesuaian diri santri sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa ada kelas kontrol. Bentuk pra eksperimen (pre-eksperimental design) yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Pengukuran menggunakan instrumen penelitian skala likert tentang penyesuain diri santri dengan jumlah populasi sebanyak 30 santri pondok pesantren Nurul Abror Pamarayan dan jumlah sampel sebanyak 9 santri pondok pesantren Nurul Abror Pamarayan. Adapun hasil uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon signed Rank Test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) bernilai 0,008. Artinya 0,008 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap penyesuaian diri santri di pondok pesantren Nurul Abror Pamarayan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Layanan Bimbingan Kelompok, Penyesuaian Diri Santri |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 21 Jun 2024 08:46 |
Perubahan Terakhir: | 21 Jun 2024 08:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14699 |
Actions (login required)
Lihat Item |