Pengaruh Strategi Pembelajaran Poster Comment Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PAIBP di SMPN 1 Majasari Pandeglang

Dewi, Novita Sari (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Poster Comment Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PAIBP di SMPN 1 Majasari Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210161_Cover.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210161_Lampiran Depan.pdf

Download (648kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210161_Bab I.pdf

Download (364kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_191210161_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (348kB)
[img] Teks
S_PAI_191210161_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (518kB)
[img] Teks
S_PAI_191210161_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (524kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210161_Bab V.pdf

Download (95kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210161_Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 1 Majasari (2) Bagagaimana pelaksanaan strategi poster comment pada mata pelajaran PAIBP di SMPN 1 Majasari (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan strategi poster comment terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAIBP di SMPN 1 Majasari. Manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai tumpuan bagi peneliti selanjutnya ketika meneliti dengan tujuan yang sesuai pada aspek-aspek penelitian ini sehingga bisa dijadikan pengetauan dan informasi untuk menggunakan penelitian selanjutnya. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment design. Populasi terdiri dari 185 siswa dan 60 siswa yang dijadikan sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor hasil rata-rata nilai pre test siswa dalam kelas eksperimen adalah45.53 dan skor rata-rata nilai post test adalah 49.70. Terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran poster comment terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti. Perbandingan nilai angket anatar sebelum dan sesudah eksperimen dalam strategi pembelajaran poster comment terhadap kemampuan berpikir Kritis Siswa dengan jumlah sampel 30 siswa kelas VIII A. Hasil skor angket yang diperoleh sebelum penggunaan strategi pembelajaran poster comment nilai rata-rata 45,53, sedangkan skor angket setelah penggunaan strategi pembelajaran poster comment memperoleh rata-rata 49.73 .Berdasarkan perhitungan dengan rumus paried sampels t-Test menunjukan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan nyata antara kemampuan berpikir kritis siswa pada data pre-test dan post-test. Deskripsi data hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran poster comment. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran poster comment berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Pembelajaran Poster Comment, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 04 Jun 2024 04:18
Perubahan Terakhir: 04 Jun 2024 04:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14634

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.