Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Jabar Banten (BJB) Syariah KC. Serang (Studi Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Nasabah Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Serang)

Sofiyani, Putri (2024) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Jabar Banten (BJB) Syariah KC. Serang (Studi Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Nasabah Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBS_201420015_Cover.pdf

Download (33kB)
[img] Teks
S_PBS_201420015_Lampiran Depan.pdf

Download (515kB)
[img] Teks
S_PBS_201420015_BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Teks
S_PBS_201420015_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (592kB)
[img] Teks
S_PBS_201420015_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (673kB)
[img] Teks
S_PBS_201420015_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PBS_201420015_BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Teks
S_PBS_201420015_Daftar Pustaka.pdf

Download (301kB)

Abstrak

QRIS telah menjadi fokus utama pelayanan digital bank, termasuk BJB Syariah, Meskipun menawarkan kemudahan, QRIS masih memiliki kekurangan seperti tampilan yang asing, kegagalan transaksi, keamanan, dan kesulitan menyampaikan keluhan. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yakni 1). Apakah tangibles berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam penggunaan QRIS di BJB Syariah KC. Serang? 2). Apakah reliability berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam penggunaan QRIS di BJB Syariah KC. Serang? 3). Apakah assurance berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam penggunaan QRIS di BJB Syariah KC. Serang? 4). Apakah responsiveness berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam penggunaan QRIS di BJB Syariah KC. Serang? 5).Apakah empathy berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam penggunaan QRIS di BJB Syariah KC. Serang? 6). Apakah dimensi ServQual berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah dalam penggunaan QRIS di BJB Syariah KC. Serang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dimensi ServQual secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah BJB Syariah KC. Serang dalam penggunaan QRIS. Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan data primer. Populasi penelitian ini adalah nasabah BJB Syariah KC. Serang yang menggunakan mobile maslahah, dengan sampel sebanyak 150 responden menggunakan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner, observasi, dan dokumentasi yang diolah menggunakan bantuan MS. Excel dan SMART PLS 3. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini mencakup uji measurement (convergent validity, discriminant validity, dan reliability), uji struktur (R square, F square, predictive relevance, goodness of fit, dan path coefficient), dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini konsisten dengan model ServQual (Parasuraman, 1988), yang menunjukkan bahwa kepuasan nasabah meningkat ketika layanan yang diterima sesuai dengan ekspektasi nasabah. Hasil uji parsial menyatakan bahwa dimensi ServQual berpengaruh positif dan signnifikan terhadap kepuasan nasabah dalam penggunaan QRIS. Selanjutnya, hasil uji simultan menunjukkan bahwa dimensi ServQual juga berpengaruh secara serempak terhadap kepuasan nasabah, dengan hasil R2 sebesar 52,9%. Sedangkan, sisanya sebesar 47,1%, dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): kualitas pelayanan, QRIS, kepuasan nasabah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Mei 2024 08:42
Perubahan Terakhir: 15 Mei 2024 08:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14594

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.