Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik GiveAway Bersyarat di Instagram (Studi Kasus di Akun Instagram @Sheminime

Nurfadila, Ela (2024) Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik GiveAway Bersyarat di Instagram (Studi Kasus di Akun Instagram @Sheminime. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_181130079_Cover.pdf

Download (321kB)
[img] Teks
S_HES_181130079_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_181130079_BAB I.pdf

Download (522kB)
[img] Teks
S_HES_181130079_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (650kB)
[img] Teks
S_HES_181130079_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (407kB)
[img] Teks
S_HES_181130079_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (945kB)
[img] Teks
S_HES_181130079_BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Teks
S_HES_181130079_Daftar Pustaka.pdf

Download (613kB)

Abstrak

Saat ini Instagram banyak dimanfaatkan untuk bisnis jual beli dengan membuat akun-akun online shop kemudian mempromosikannya dagangannya melalui Instagram tersebut. Karena sistem giveaway ini diatur secara formal, maka peneliti perlu mengkaji kesesuaian dengan hukum Islam. Hal itu dikarenakan penyelenggara dan peserta tidak bertemu secara langsung. Praktik seperti ini perlu ditanggapi secara hukum karena peserta giveaway ini terdapat dari kalangan muslim. Berdasarkan masalah tersebut maka peneliti akan meniliti judul mengenai giveaway yang berjudul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Giveaway Bersyarat di Instagram @Sheminime” Berdasarkan latar belakang diatas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana praktik giveaway bersyarat di akun Instagram @sheminime?, 2. Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap praktik giveaway di akun Instagram @sheminime? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana praktik giveaway bersyarat di akun Instagram @sheminime. 2. Untuk mengetahui dan memahami mengenai tinjauan hukum islam terhadap praktik giveaway di akun Instagram @sheminime. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dengan melakukan wawancara dan sumber data sekunder yang diperoleh dari buku-buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulannya bahwa praktik giveaway pada akun Instagram @sheminime, dimulai dari syarat yang diharuskan mengikuti akun Instagram @sheminime, menyukai, memberikan komentar serta merepost ulang foto yang ditentukan admin dan pengumuman pemenang yang diumumkan 10 hari setelah giveaway dimulai, pengumuman tersebut diumumkan admin pada Instagram story dengan menandai dan mengirim pesan melalui direct message yang ada di Instagram dan kemudian disimpan pada sorotan. Untuk pemberian hadiahnya, owner mengirimkan ke alamat pemenang. Ditinjau dari hukum Islam terhadap praktik giveaway bersyarat akun Instagram @sheminime, pelaksanaan giveaway boleh dan sah karena sudah sesuai dengan rukun dan syarat hadiah yakni adanya pihak pemberi hadiah dan pihak yang diberi hadiah, adanya ijab dan qabul, dan harta yang dihadihkan. Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan dalam pelaksanaan giveaway bersyarat tersebut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hukum Islam, Instagram, Giveaway
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Mei 2024 08:03
Perubahan Terakhir: 02 Mei 2024 08:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14548

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.