Pembinaan Keagaman Santri Pondok Pesantren Salafiyyah Nurul Ibtida (Studi kasus di Kp. Duri Desa Paku Alam Kec. Pakuhaji Kab. Tangerang)

Andriawan, Wahyu (2024) Pembinaan Keagaman Santri Pondok Pesantren Salafiyyah Nurul Ibtida (Studi kasus di Kp. Duri Desa Paku Alam Kec. Pakuhaji Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_171210166_Cover.pdf

Download (363kB)
[img] Teks
S_PAI_171210166_Lampiran Depan.pdf

Download (863kB)
[img] Teks
S_PAI_171210166_BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Teks
S_PAI_171210166_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (222kB)
[img] Teks
S_PAI_171210166_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (128kB)
[img] Teks
S_PAI_171210166_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (156kB)
[img] Teks
S_PAI_171210166_BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Teks
S_PAI_171210166_Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Pembinaan Keagamaan Santri Pondok Pesantren Salafiyyah Nurul Ibtida. Mengetahui Faktor-faktor dalam Pembinaan Keagamaan Santri Pondok Pesantren Salafiyyah Nurul Ibtida. Mengetahui Masalah dalam Pembinaan Keagamaan Santri Pondok Pesantren Salafiyyah Nurul Ibtida. Untuk Mengetahui Hasil dalam Pembinaan Keagamaan Santri Pondok Pesantren Salafiyyah Nurul Ibtida. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak santri yang tidak memiliki kepribadian sesuai dengan tujuan pendidikan pondok pesantren misalnya masih ada santri yang tidak disiplin, masih ada yang tidak peduli terhadap sesama teman nya, kabur dari pondok dan lain sebagainya, maka pembinaan keagamaan perlu dilakukan untuk membentuk karakter daripada santri salafiyah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Yang dilakukan di pondok pesantren salafiyah nurul ibtida di Kp. Duri Desa Paku Alam Kec. Pakuhaji Kab. Tangerang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembinaan keagmaan dipondok pesantren salafiyah nurul ibtida sejauh ini sudah efektif terbukti dapat membentuk karakter santri salafi yang menjunjung tinggi nilai budaya Pondok Pesantren Salafiyyah terutama di Pondok Pesantren Salafiyyah Nurul Ibtida. Hal itu dibuktikan dengan perilaku santri sesudah mengikuti pembinaan keagamaan melalui nilai-nilai pembinaan. Terdapat pola perubahan perilaku lebih baik, sesuai dengan ajaran Agama Islam serta terbangun kesadaran yang kuat untuk berperilaku sesuai agama Islam dan ajaran Rasulullah. Contohnya seperti memberikan atau menirukan suri teladan yang baik seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. Berdasarkan analisis peneliti bahasannya metode pembiasaan adalah cara yang di tempuh oleh lembaga pesantren untuk membiasakan santrinya untuk menjalankan ajaran Islam sehingga mampu memberikan bekal untuk dirinya sendiri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): keagamaan, pembinaan, pondok, pesantren, santri
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2024 03:55
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2024 03:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14539

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.