Sabar dan Syukur Menurut Imām Al-Ghazālī dalam Kitab Iḥyā’ ‘Ulūmiddīn

Wulantika, Sari (2024) Sabar dan Syukur Menurut Imām Al-Ghazālī dalam Kitab Iḥyā’ ‘Ulūmiddīn. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AFI_191310027_Cover.pdf

Download (188kB)
[img] Teks
S_AFI_191310027_Lampiran Depan.pdf

Download (735kB)
[img] Teks
S_AFI_191310027_BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Teks
S_AFI_191310027_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (551kB)
[img] Teks
S_AFI_191310027_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (390kB)
[img] Teks
S_AFI_191310027_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (469kB)
[img] Teks
S_AFI_191310027_BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Teks
S_AFI_191310027_Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)

Abstrak

Pembahasan tentang sabar dan syukur bisa ditemui di berbagai buku, baik klasik maupun kontemporer. Banyak ulama dan tokoh-tokoh besar yang mengemukakan mengenai sabar dan syukur dalam tulisannya, diantara salah satunya adalah Imām Al-Ghazālī. Ia merupakan ulama yang terkenal akan kecerdasan dan keilmuannya. Ia juga merupakan ulama yang ahli di bidang tasawuf. Karya-karyanya yang monumental masih terkenal dan dikaji hingga saat ini. Salah satunya adalah kitab Iḥyā‟ „Ulūmiddīn. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana konsep sabar dan syukur menurut Imām Al-Ghazālī? 2). Bagaimana kaitan sabar dan syukur dalam kitab Iḥyā’ ‘Ulūmiddīn? 3). Bagaimana aplikasi sabar dan syukur dalam kitab Iḥyā’ ‘Ulūmiddīn karya Imām al-Ghazālī? Adapun tujuan dari skripsi ini adalah : 1). Memahami sabar dan syukur menurut Imām Al-Ghazālī. 2). Mengetahui kaitan antara sabar dan syukur dalam kitab Iḥyā’ ‘Ulūmiddīn. 3). Mengetahui bagaimana pengaplikasian sabar dan syukur dalam kitab Iḥyā’ ‘Ulūmiddīn. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), yaitu mengumpulkan data dari berbagai sumber tertulis, berupa tulisan-tulisan atau buku-buku, teks, kamus, skripsi, tesis, disertasi dan lain sebagainya. Kemudian, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yang dilaksanakan dengan menganalisis pendapat Imām Al-Ghazālī dengan apa adanya berdasarkan teori. Hasil dari skripsi ini sebagai berikut: sabar merupakan sikap menahan diri dari hal-hal yang sejalan dengan hawa nafsu dan yang berlawanan dengannya. Kemudian syukur adalah bergembira dengan pemberian Allah diiringi dengan pujian-pujian terhadap-Nya, dan mempergunakan pemberian tersebut untuk taat kepada-Nya. Kaitan sabar dan syukur yaitu, keduanya merupakan pekerjaan hati, dan merupakan bagian dari iman. Aplikasi sabar dapat dilakukan dengan cara bersabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, bersabar dalam menjauhi larangan Allah, bersabar ketika mendapatkan musibah. Aplikasi syukur dapat dilakukan dengan hati, lisan, dan anggota badan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): sabar, syukur, dan Al-Ghazālī
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.1 Falsafah
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Aqidah dan Filsafat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2024 03:29
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2024 03:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14534

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.