Peran Program Acara Serambi Islami TVRI Nasional dalam Menyiarkan Dakwah kepada Masyarakat Melalui Siaran Televisi

Cahyaningtyas, Pipiet Maulida (2024) Peran Program Acara Serambi Islami TVRI Nasional dalam Menyiarkan Dakwah kepada Masyarakat Melalui Siaran Televisi. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510063_Cover.pdf

Download (257kB)
[img] Teks
S_KPI_191510063_Lampiran Depan.pdf

Download (522kB)
[img] Teks
S_KPI_191510063_BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Teks
S_KPI_191510063_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (591kB)
[img] Teks
S_KPI_191510063_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (288kB)
[img] Teks
S_KPI_191510063_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (856kB)
[img] Teks
S_KPI_191510063_BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Teks
S_KPI_191510063_Daftar Pustaka.pdf

Download (290kB)

Abstrak

Televisi merupakan salah satu media massa yang dikonsumsi oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Televisi melakukan tahapan-tahapan proses produksi sebelum ditayangkan kepada masyarakat. Namun, saat ini masyarakat lebih mengkonsumsi media sosial. Penggunaan televisi sebagai media dakwah termasuk cukup efektif, namun di zaman sekarang televisi harus dapat bertahan di tengah pergempuran program-program acara religi antar stasiun televisi nasional maupun swasta bahkan juga dengan media sosial. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah ini adalah: 1) Bagaimana proses produksi program acara Serambi Islami dalam menyiarkan dakwah kepada masyarakat melalui siaran televisi di TVRI Nasional? 2) Bagaimana program acara Serambi Islami menjalankan perannya dalam menyiarkan dakwah kepada masyarakat melalui siaran televisi di TVRI Nasional? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses produksi program acara Serambi Islami dalam menyiarkan dakwah kepada masyarakat melalui siaran televisi di TVRI Nasional. 2) Untuk mengetahui program acara Serambi Islami menjalankan perannya dalam menyiarkan dakwah kepada masyarakat melalui siaran televisi di TVRI Nasional. Jenis penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa dalam menayangkan program acara dibutuhkan tahapan proses produksi seperti pra-produksi, set up and rehearsal, produksi, dan pasca produksi sesuai dengan Standar Program Siaran (SPS) yang mengacu pada Pedoman Perilaku Penyiaran (P3). Media televisi juga melakukan penyaringan (filter) yang diawasi oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Program acara “Serambi Islami” TVRI Nasional memiliki peran sebagai wadah penyampaian informasi tentang ajaran agama Islam kepada semua penonton menjadi edukator, fasilitaor, dan referensi. Program acara “Serambi Islami” di TVRI bertujuan untuk memberikan nilai edukasi, menambahkan wawasan tentang ajaran agama Islam kepada masyarakat umum, serta memperbaiki pengetahuan masyarakat tentang Islam sesuai dengan kaidah yang tertera dalam Al-Qur‟an dan cara penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran, Syiar Dakwah, Program Televisi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2024 07:55
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2024 07:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14478

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.