Pesan Dakwah Melalui Wattpad (Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Novel “Lentera Jelita” Karya Alfia_ramadhan11)

Kholifah, Babay (2024) Pesan Dakwah Melalui Wattpad (Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Novel “Lentera Jelita” Karya Alfia_ramadhan11). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510150_Cover.pdf

Download (185kB)
[img] Teks
S_KPI_191510150_Lampiran Depan.pdf

Download (587kB)
[img] Teks
S_KPI_191510150_BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Teks
S_KPI_191510150_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (524kB)
[img] Teks
S_KPI_191510150_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (221kB)
[img] Teks
S_KPI_191510150_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (689kB)
[img] Teks
S_KPI_191510150_BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Teks
S_KPI_191510150_Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB)

Abstrak

Perkembangan teknologi membuat novel berpindah media mengikuti pembacanya. Salah satu new media digital yang hadir dalam dunia sastra adalah aplikasi Wattpad. Aplikasi Wattpad merupakan salah satu platform aplikasi yang bergerak di bidang tulisan yang bisa digunakan oleh para penulis ataupun pembaca. Wattpad bisa dimanfaatkan oleh para penulis atau da’i untuk menyebarkan dakwah dan memberikan pelajaran agama kepada para masyarakat atau anak muda melalui tulisan atau disebut dengan dakwah bil qalam. Dalam hal ini, penulis mengambil isi konten novel yang berjudul “Lentera Jelita” karya Alfia_ramadhan11 untuk dijadikan penelitian. Isi konten Lentera Jelita menceritakan tentang kehidupan seorang perempuan biasa dan seorang abdi negara yang tidak sengaja bertemu lalu melakukan proses ta’aruf. Novel ini banyak mengandung pesan dakwah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dijadikan media pembelajaran. Oleh karena itu, new media seperti wattpad ini diharapkan mampu menjadi perantara cara berdakwah sebagai media pembelajaran dalam karya sastra melalui media digital. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “Apa saja isi pesan dakwah dalam novel di aplikasi wattpad “Lentera Jelita” karya Alfia_ramadhan11). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pesan dakwah dalam novel di aplikasi Wattpad “Lentera Jelita” karya Alfia_ramadhan11. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi dengan teknik pengumpulan data yaitu obervasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa adanya pesan dakwah yang meliputi tiga kategori pesan yaitu akidah, akhlak, dan syari’ah. Pesan akidah seperti iman kepada kitab Allah, iman kepada rasul, iman kepada hari akhir, dan iman kepada qadha dan qadhar. Pesan akhlak dibagi menjadi dua yaitu akhlakul karimah dan akhlakul madzmumah, akhlakul karimah adalah perilaku terpuji yaitu terdiri dari sabar, tolong menolong, meminta maaf, memberi maaf, dan mengucapkan terimakasih. Akhlakul madzmumah yaitu tingkah laku yang tidak terpuji yaitu terdiri dari marah dan sombong. Pesan syari’ah meliputi sholat, khitbah, dan ikhlas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pesan, Dakwah, Aplikasi Wattpad
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 16 Apr 2024 07:19
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 07:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14468

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.