Silfiani, Silfiani (2024) Pengembangan Media Miniatur Sistem Tata Surya untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VI SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240035_Cover.pdf Download (119kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240035_Lampiran Depan.pdf Download (681kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240035_BAB I.pdf Download (203kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240035_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (304kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240035_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (292kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240035_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240035_BAB V.pdf Download (40kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240035_Daftar Pustaka.pdf Download (381kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VI SD/MI yang rendah. Selain itu media sistem tata surya yang digunakan dalam proses pembelajaran juga kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membuat rancangan media miniatur sistem tata surya, 2) mengetahui kelayakan media miniatur, 3) mengetahui efektivitas media miniatur untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VI. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE. Berdasarkan hasil analisis terhadap lembar validasi ahli materi dan media skor rata-rata produk 87,5% artinya produk telah mencapai predikat sangat baik menurut aspek penilian dan dinilai layak (valid). Hasil N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,22 sebelum menggunakan media (masuk dalam kategori rendah) dan pada kelas eksperimen adalah 0,71 setelah menggunakan media (masuk dalam kategori tinggi). Artinya penggunaan media miniatur materi sistem tata surya mampu mengembangkan kemampuan berpikir tinggi siswa kelas VI. Sedangkan dalam respon siswa memperoleh 90% setalah dilakukan uji coba media miniatur terhadap materi sistem tata surya artinya media miniatur sangat menarik dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media miniatur sistem tata surya ini efektif dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VI SD/MI.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Miniatur,Sistem Tata Surya,Berpikir Tingkat Tinggi |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 05 Apr 2024 06:02 |
Perubahan Terakhir: | 05 Apr 2024 06:02 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14461 |
Actions (login required)
Lihat Item |