Ridwan, Wawan (2024) Pembelajaran Kaligrafi dalam Melatih Ketenangan Jiwa Santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Baros Kab. Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210134_Cover.pdf Download (108kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210134_Lampiran Depan.pdf Download (509kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210134_BAB I.pdf Download (393kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210134_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (548kB) |
||
Teks
S_PAI_171210134_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (294kB) |
||
Teks
S_PAI_171210134_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (296kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210134_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210134_Daftar Pustaka.pdf Download (210kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pembelajaran kaligrafi di Pondok Pesantren Nurul Huda Baros Kabupaten Serang; 2) mengetahui bagaimana kondisi ketenangan jiwa para santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Baros Kabupaten Serang; 3) untuk mengetahui pembelajaran kaligrafi dalam melatih ketenangan jiwa santri pondok pesantren nurul huda baros kabupaten serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Partisipatory Action Research (PAR) melalui beberapa tahapan yang harus dilaksanakan diantaranya, tahapan persiapan sosial, identifikasi data dan fakta sosial, kajian analisis sosial serta kajian masalah dan kebutuhan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan terakhir tahap evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Huda Baros Kabupaten Serang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah santri tingkat 1 dan 2 sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan purposive sampling, yakni teknik penentuan dengan pertimbangan tertentu. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran kaligrafi dapat melatih dan meningkatkan ketenangan dalam jiwa para santri di Pondok Pesantren Nurul Huda. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil evaluasi yang menunjukan para santri bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar lebih banyak dibandingkan dengan sebelum kegiatan pembelajaran kaligrafi ini dilaksanakan. Selain itu, juga hasil dari lembar observasi dan wawancara menunjukkan adanya perubahan sikap, diantaranya para santri menajdi lebih tenang, ekspresif dan juga kreatif dibanding sebelum penelitian ini dilaksanakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kaligrafi mampu melatih dan meningkatkan ketenangan jiwa para santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Baros Kabupaten Serang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran, Kaligrafi, Ketenangan Jiwa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 05 Apr 2024 05:27 |
Perubahan Terakhir: | 05 Apr 2024 05:27 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14459 |
Actions (login required)
Lihat Item |