Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam Melalui Obyek Wisata Hammcok Desa Kertajaya Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang Banten

Baedarus, Ahmad (2024) Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam Melalui Obyek Wisata Hammcok Desa Kertajaya Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530059_Cover.pdf

Download (35kB)
[img] Teks
S_PMI_191530059_Lampiran Depan.pdf

Download (676kB)
[img] Teks
S_PMI_191530059_BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Teks
S_PMI_191530059_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (267kB)
[img] Teks
S_PMI_191530059_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (71kB)
[img] Teks
S_PMI_191530059_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (118kB)
[img] Teks
S_PMI_191530059_BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Teks
S_PMI_191530059_Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)

Abstrak

Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan merupakan satu – satunya habitat bagi badak jawa (rhinocheros sondaicus). Selain itu masih memiliki banyak potensi ecowisata yang belum dikembangkan, salah satu bentuk pemanfaatan yang tidak bersifat ekspoitasi yaitu pemanfaatan untuk wisata alam. Kondisi perekonomian masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Ujung Kulon tergolong dalam kelas menangah ke bawah sehingga sulit untuk menciptakan lapangan kerja dan mengembangkan potensi wilayahnya untuk dapat meningkatkan tarap kehidupan, maka dibentuklah Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS). Kegiatan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) mengembangkan dan melaksanakan kegiatan dalam rangka peningkatan pengetahuan dan wawasan para anggota pokdarwis dalam bidang keparawisataan. Selain program pendampingan pembangunan destinasi wisata, fasilitator juga mengadakan program peltaihan kerajinan tangan dari bambu yang dimana sasarannya adalah pengurus Kelompok Sadar Wisata tersebut dengan membuat kerajinan dengan bentuk laminasi bambu dan membuat cincin dari bambu. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan dari action research (penelitian tindakan) ini yaitu : 1) Sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Desa Kertajaya. 2) Upaya edukasi masyarakat mengenai pentingnya pemanfatan lahan pariwisata. 3) Mengadakan pelatihan kerajinan tangan yang berbahan baku dari bambu. Metode penelitian ini menggunakan metode PLA ( Participatory Learning and Action) atau belajar sambil bekerja. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah melalui FGD, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemberdayaan yang dilakukan terhadap Kelompok Sadar Wisata ( pokdarwis ) berlansung selama 1 bulan, dan di bagi menjadi 3 tahapan pendampingan, tahap pertama yaitu pra pendampingan, kedua yaitu tahap pendampingan, dan ke tiga tahap pelaksanaan perogram pemberdayaan. Hasil penelitian ini sendiri yaitu : 1) Kelompok Sadar Wisata mampu membuat destinasi wisata, 2) Kelompok sadar wisata memiliki rasa tanggung jawab dalam pengembangan ecowisata di Kecamatan Sumur, 3) Kelompok sadar wisata mampu membuat kerajinan tangan dari bambu.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan, Pengelolaan, PLA ( Parcitipatory Learning and Action)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 307 Masyarakat
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Apr 2024 04:23
Perubahan Terakhir: 03 Apr 2024 04:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14436

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.