Konseling Realitas untuk Mengatasi Perilaku Agresif Pada Santri (Studi Pondok Pesantren Darussalam Pipitan Kecamatan Walantaka Kota Serang-Banten)

Rahadian, Wildan Herman (2024) Konseling Realitas untuk Mengatasi Perilaku Agresif Pada Santri (Studi Pondok Pesantren Darussalam Pipitan Kecamatan Walantaka Kota Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520054_Cover.pdf

Download (312kB)
[img] Teks
S_BKI_191520054_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_191520054_BAB I.pdf

Download (808kB)
[img] Teks
S_BKI_191520054_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (712kB)
[img] Teks
S_BKI_191520054_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (462kB)
[img] Teks
S_BKI_191520054_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (596kB)
[img] Teks
S_BKI_191520054_BAB V.pdf

Download (383kB)
[img] Teks
S_BKI_191520054_Daftar Pustaka.pdf

Download (316kB)

Abstrak

Pondok Pesantren Darussalam Pipitan, dimana salah satu permasalahan yang ada di pondok tersebut adalah santri yang berprilaku agresif (kasar) baik secara verbal dan non-verbal. Fenomena santri berperilaku agresif membuat citra pondok pesantren menjadi kurang baik, sebab individu yang menuntut ilmu dipesantren diharapkan mampu menjadi pelajar yang baik secara akhlak dan moral Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, rumusan dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana kondisi perilaku agresif pada santri pondok pesantren Darussalam Pipitan? 2. Bagaimana proses konseling realitas untuk mengatasai perilaku agresif pada santri pondok pesantren Darussalam Pipitan? 3. Bagaimana perilaku agresif santri pondok pesantren Darussalam Pipitan setelah melakukan konseling realitas?. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui bagaimana kondisi perilaku agresif pada santri pondok pesantren Darussalam Pipitan. 2. Untuk mengetahui proses konseling realitas pada santri Darussalam Pipitan yang berprilaku agresif. 3. Untuk mengetahui perilaku agresif santri pondok pesantren Darussalam Pipitan setelah melakukan konseling realitas. Metode penelitian yang dipergunakan oleh peneliti ialah penelitian kualitatif. Responden penelitian ialah santri Pondok Pesantren Darussalam Pipitan yakni klien MQ yang dipilih melalui sampling purposive sampel dipilih berdasarkan berbagai pertimbangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diperoleh kesimpulan 1. Kondisi perilaku agresif klien MQ memiliki perilaku agresif yang berbeda beda. Ditemukan perilaku agresif yang sering dilakukan ialah perilaku agresif fisik langsung dan agresif verbal langsung. 2. Penerapan konseling berfokus menggunakan teknik WDEP yaitu: analisis want, analisis direction, analisis evaluation, dan analisis planning. 3. Perilaku agresif santri Pondok Pesantren Darussalam Pipitan setelah proses konseling, didapati klien penelitian dapat memiliki keinginan untuk dapat mengatasi intensitas perilaku agresifnya serta dapat merencanakan perubahan perilaku baru yang lebih positif. Klien I MQ sudah mulai melaksanakan perilaku barunya secara bertahap. Hal ini dilihat dari berbagai kemajuan pada proses konseling yang telah dilaksanakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Santri, Perilaku Agresif, Konseling Realitas
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Apr 2024 03:52
Perubahan Terakhir: 02 Apr 2024 06:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14423

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.