Analisis Faktor Inferiority Feeling Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Kinanti, Wangi Frili (2024) Analisis Faktor Inferiority Feeling Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_201520003_Cover.pdf

Download (101kB)
[img] Teks
S_BKI_201520003_Lampiran Depan.pdf

Download (600kB)
[img] Teks
S_BKI_201520003_BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Teks
S_BKI_201520003_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (289kB)
[img] Teks
S_BKI_201520003_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (315kB)
[img] Teks
S_BKI_201520003_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (435kB)
[img] Teks
S_BKI_201520003_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_BKI_201520003_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)

Abstrak

Hasil survey awal menunjukan bahwa tingkat IF COMPIN lebih unggul dengan perbandingan (56%) dan SP SUCOMP (44%). Secara keseluruhan, pola umum dari pernyataan-pernyataan IF COMPIN menunjukkan adanya tantangan dalam pengembangan kepercayaan diri, ketakutan akan kegagalan, dan penerimaan diri sendiri akan kelebihan dan kekurangan. Temuan ini menciptakan kesadaran akan adanya faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa mengalami inferiority feeling sehingga dibutuhkan analisis. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui gambaran inferiority feeling pada mahasiswa program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Uin Sultan Maulana Hasanuddin Banten 2) untuk menganalisis faktor Inferiority feeling pada mahasiswa program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. dikategorikan sebagai studi kasus intrinsik, Diklasifikasikan sebagai penelitian studi kasus deskriptif, Pendekatan yang diterapkan adalah desain kasus tunggal. Penelitian dilaksanakan pada oktober 2023 sampai maret 2024, jumlah partisipan 40 orang dan informan 8 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Gambaran inferiority feeling pada mahasiswa Prodi BKI UIN Banten yakni: a) Cenderung memiliki rendahnya kepercayaan diri dalam berkomunikasi, terkesan ragu-ragu dalam mengambil keputusan serta menarik diri dari lingkungan sosial. b) Kemampuan akademik yang rendah, mencakup motivasi yang rendah dan suka bergantung pada orang lain. c) Perasaan diri yang rendah, kurang positif, mencakup sikap negatif, canggung, citra diri yang buruk, dan tertekan. 2) Faktor inferiority feeling pada mahasiswa Prodi BKI UIN Banten terbagi menjadi dua, a) Faktor internal mencakup pengalaman rendah diri seperti dikucilkan dan body shaming, ekspektasi diri menciptakan standar diri yang terlalu tinggi, emosi seperti takut gagal, malu dan rendah diri, serta perilaku menghindari tantangan akademik. b) Faktor eksternal mencakup interaksi sosial meliputi penolakan, pengabaian, tekanan akademik. Pola asuh dimanja dan strict parent. Serta stigma sosial yang dilekatkan pada mahasiswa terkait ekspektasi karir yang bagus setelah lulus.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): faktor, inferiority feeling, mahasiswa
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 01 Apr 2024 07:26
Perubahan Terakhir: 02 Apr 2024 06:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.