Efektivitas Layanan Konseling Individual Dengan Teknik Hipnoterapi Dalam Mengatasi Stres Akademik Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (Studi pada Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN SMH Banten)

Aziizulhakim, Aziizulhakim (2024) Efektivitas Layanan Konseling Individual Dengan Teknik Hipnoterapi Dalam Mengatasi Stres Akademik Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (Studi pada Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN SMH Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520100_Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Teks
S_BKI_191520100_Lampiran Depan.pdf

Download (362kB)
[img] Teks
S_BKI_191520100_Bab I.pdf

Download (385kB)
[img] Teks
S_BKI_191520100_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (436kB)
[img] Teks
S_BKI_191520100_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (708kB)
[img] Teks
S_BKI_191520100_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (565kB)
[img] Teks
S_BKI_191520100_Bab V.pdf

Download (250kB)
[img] Teks
S_BKI_191520100_Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB)

Abstrak

Stress akademik adalah suatu tuntutan akademik yang melebihi batas kemampuan pada diri individu dalam melaksanakan beberapa tuntutan tersebut. Ada beberapa mahasiswa yang mengalami stres akademik karena beberapa faktor, salah satunya faktor banyaknya tuntutan yang dialami. Dia lebih cenderung untuk tidak bisa membagi waktu dan merasa tertekan karena tuntutan keluarga yang menyebabkan adanya hambatan dalam proses berkuliah ataupun memenuhi kebutuhan ataupun keinginan yang ingin dilakukannya. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “apakah terdapat perbedaan pada tingkat stres akademik diri mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling individual dengan teknik hipnoterapi?”. Penelitian ini bertujuan mengetahui adakah penurunan tigkat stres akademik pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling individual dengan teknik hipnoterapi. Layanan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu layanan konseling individual dengan teknik hipnoterapi yang dapat memberikan pemahaman dalam tingkat kesadaran tentang kepercayaan diri, mampu untuk memberikan pikiran positif, mengekspresikan pikiran dan perasaan, mengatasi stress dan kecemasan serta membantu dalam merekonstruksikan rencana yang akan dibuat kedepannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan yaitu A-B. Subjek penelitian ini yaitu seorang mahasiswa Bimbingan Konseling Islam yang kurang percaya diri dengan berbagai faktor masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: wawancara, angket/kuesioner dan observasi. Instrumen penelitian ini adalah skala kepercayaan diri yang digunakan pada fase baseline dan fase intervensi. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya perbedaan tingkat kepercayaan diri sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Fase baseline terlihat mendatar yang cenderung tinggi pada skala stres akasemik. Fase intervensi ketika diberikan perlakuan berupa layanan konseling individual dengan teknik hipnoterapi terlihat tingkat stres akademik cenderung menurun. Persentase overlap antara fase baseline dan intervensi yaitu 0%, semakin kecil persentase overlap maka semakin kuat pengaruh pemberian intervensi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat stres akademik pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam sebelu dan sesudah diberikan layanan konseling individual dengan teknik hipnoterapi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Layanan Konseling Individual, Teknik Hipnoterapi, Stres Akademik, Mahasiswa
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 27 Mar 2024 08:00
Perubahan Terakhir: 27 Mar 2024 08:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14386

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.