NURAINI B.P, SITI (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG (Studi di Kelas V MI Islamiyah Ciwaru Cipocok Jaya Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (HALAMAN DEPAN)
lampiran depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (286kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (915kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi dari kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada materi bangun ruang. Penelitian ini tergerak karena latar belakang siswa yang masih sangat kurang menguasai materi pelajaran matematika dan kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika, untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan yang siswa lakukan. Metode yang digunakan untuk mengetahui letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang ini yaitu kualitaif deskriptif, agar semua jenis kesalahan siswa dapat terlihat secara lebih jelas dan dapat diperbaiki dengan hasil yang lebih baik. Kesalahan siswa terletak pada kemampuan dasar mengenal sifat-sifat geometri khususnya pada bentuk kubus dan balok. Berdasarkan hasil analisis yang terkait dengan teori Vann Hiele dalam pembahasan geometri maka, kesalahan siswa pada materi kubus dan balok terlihat pada level 0 (visualisasi) level pengenalan, bahwa siswa belum memahami sifat-sifat pada bentuk kubus dan balok sehingga terjadi kesalahan siswa dalam menliskan keterangan yang terdapat dalam soal, kemudian siswa melakukan kesalahan pada saat menuliskan rumus kubus dan balok. Sedangkan menurut pandangan Vann Hiele, hasil belajar dapat diproses melalui 5 (lima) tahap, sedangkan dari hasil analisis tes terlihat perkembangan siswa sampai kepada tahap 2, tetapi di dalam pembelajaran kubus dan balok siswa mengalami kesalahan yang dilakukan pada tahap 1 (informasi) pengenalan terhadap bentuk kubus dan balok sehingga siswa mengalami kesalahan pada saat menuliskan rumus, siswa terlihat keliru menuliskan rumus volume dan luas permukaan kubus, kemudian pada tahap 2 (orientasi terarah) tahap siswa mengerjakan soal, siswa mengalami kesalahan pada saat menuliskan ukuran kubus dan balok yang terdapat dalam soal sehingga mengalami kesalahan yang konsisten terhadap memasukkan angka ke dalam rumus, perhitungan, dan pada saat menentukan hasil akhir. Adapun faktor kesalahan hasil belajar siswa yaitu (1) faktor internal; kesulitan siswa dalam memahami soal, menghafal rumus dan kesalahan melakukan proses perhitungan. (2) faktor eksternal; pengelolaan kelas yang kurang, metode dan strategi pembelajaran yang digunakan guru tidak mengacu pada teori Vann Hiele dalam pembahasan geometri.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kesalahan Siswa, Menyelesaikan Soal Matematika, Materi Bangun Ruang SD/MI. |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 29 Des 2017 09:21 |
Perubahan Terakhir: | 29 Des 2017 09:21 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1435 |
Actions (login required)
Lihat Item |