Konseling Islam dengan Teknik Reinforcemenet Positif untuk Memotivasi Mengaji Ibu-ibu (Studi di Majelis Taklim Nur Al- Hidayah Komplek Griya Lopang Indah Kota Serang)

Fadila, Faiza Rahma (2024) Konseling Islam dengan Teknik Reinforcemenet Positif untuk Memotivasi Mengaji Ibu-ibu (Studi di Majelis Taklim Nur Al- Hidayah Komplek Griya Lopang Indah Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520181_COVER.pdf

Download (143kB)
[img] Teks
S_BKI_191520181_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (581kB)
[img] Teks
S_BKI_191520181_BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Teks
S_BKI_191520181_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (392kB)
[img] Teks
S_BKI_191520181_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (221kB)
[img] Teks
S_BKI_191520181_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (259kB)
[img] Teks
S_BKI_191520181_BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
S_BKI_191520181_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstrak

Agama merupakan ujung tombak kehidupan manusia mempunyai fungsi luar biasa pada jalanya kehidupan manusia dimuka bumi ini yang telah memberikan aturan pola kehidupan manusia dengan Tuhan-Nya maupun berinteraksi dengan sesamanya, karena agama merupakan suatu yang sangat sakral. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana motivasi mengikuti pengajian ibu-ibu di Majelis Taklim Nur Al Hidayah. 2) Bagaimana penerapan konseling islam dengan teknik reinforcement positif untuk memotivasi mengaji ibu-ibu di Majelis Taklim Nur Al-Hidayah. 3) Bagaimana hasil penerapan konseling islam dengan teknik reinforcement positif untuk memotivasi mengaji ibu-ibu di Majelis Taklim Nur Al-Hidayah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui motivasi mengaji ibu-ibu di Majelis Taklim Nur Al Hidayah. 2) Menerapkan konseling islam dengan teknik reinforcement positif untuk memotivasi mengaji ibu-ibu di Majelis Taklim Nur Al-Hidayah. 3) Mendeskripsikan hasil dari konseling islam dengan teknik reinforcement positif untuk memotivasi pengajian ibu-ibu di Majelis Taklim Nur Al-Hidayah Metode penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan tindakan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan penyajian data. Sedangkan pemecahan masalah menggunakan konseling islam dengan teknik reinforcement positif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa kondisi awal yang dialami oleh beberapa ibu-ibu di majelis taklim dan yang menjadi klien pada penelitian ini berjumlah 4 responden motivasi dalam mengajinya sangat rendah. Penerapan konseling islam dengan teknik reinforcement positif sebanyak 4 kali pertemuan relevan dengan memeberikan reward berupa makanan dan pujian sosial untuk meningkatkan motivasi mengaji ibu-ibu di Majelis Taklim Nur Al-Hidayah. Hasil dari penerapan tersebut membawa perubahan besar bagi ibu-ibu. Perubahan yang terlihat terjadi pada 3 responden dimana mereka mulai termotivasi dalam mengikuti pengajian dan 1 responden tidak terlalu besar perubahanya karena masih berusaha untuk termotivasi dalam mengikuti pengajian.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Motivasi, reinforcement positif, Perempuan
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Mar 2024 04:25
Perubahan Terakhir: 26 Mar 2024 04:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14337

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.