Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Pecahan Untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar 04 Kota Serang Sekolah Dasar

Kusmiyati, Okta (2024) Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Pecahan Untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar 04 Kota Serang Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_181240064_Cover.pdf

Download (122kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240064_Lampiran Depan.pdf

Download (403kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240064_BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240064_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (329kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240064_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (302kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240064_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (746kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240064_BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240064_Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)

Abstrak

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi pecahan serta kelayakan pengembangan media modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi pecahan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian 4D. Berdasarkan hasil penelitian prosedur yang dilakukan mengacu pada model 4D yang terdiri dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) , Disseminate (Penyebaran). Validasi produk pada penelitian ini dilihat dari analisis lembar validator, kemudian melakukan perbaikan atas saran validator kemudian dilihat dari respon guru dan peserta didik melalui angket. Berdasarkan hasil analisis terhadap lembar validasi ahli materi skor presentase produk 91% artinya produk telah mencapai predikat sangat baik menurut aspek penilaian dan dinilai “layak (valid)” dan berdasarkan hasil analisis terhadap lembar validasi ahli media skor presentase 97% artinya produk telah mencapai predikat sangat baik menurut aspek penilaian dan dinilai “layak (valid)”. Menurut angket respon guru mendapat skor 87% artinya produk telah mencapai predikat sangat baik. Pada tahap penyebaran, hasil angket peserta didik mendapat skor 98%, dan tidak ada masukan saran dari guru maupun peserta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul berbasis Realistic Mathematics Education pada materi pecahan untuk kelas V SD layak digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Modul, Realistic Mathematics Education, Pecahan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 19 Mar 2024 03:57
Perubahan Terakhir: 19 Mar 2024 03:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14328

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.