Kusmiyati, Okta (2024) Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Pecahan Untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar 04 Kota Serang Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240064_Cover.pdf Download (122kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240064_Lampiran Depan.pdf Download (403kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240064_BAB I.pdf Download (219kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240064_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (329kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240064_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (302kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240064_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (746kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240064_BAB V.pdf Download (167kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240064_Daftar Pustaka.pdf Download (159kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi pecahan serta kelayakan pengembangan media modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi pecahan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian 4D. Berdasarkan hasil penelitian prosedur yang dilakukan mengacu pada model 4D yang terdiri dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) , Disseminate (Penyebaran). Validasi produk pada penelitian ini dilihat dari analisis lembar validator, kemudian melakukan perbaikan atas saran validator kemudian dilihat dari respon guru dan peserta didik melalui angket. Berdasarkan hasil analisis terhadap lembar validasi ahli materi skor presentase produk 91% artinya produk telah mencapai predikat sangat baik menurut aspek penilaian dan dinilai “layak (valid)” dan berdasarkan hasil analisis terhadap lembar validasi ahli media skor presentase 97% artinya produk telah mencapai predikat sangat baik menurut aspek penilaian dan dinilai “layak (valid)”. Menurut angket respon guru mendapat skor 87% artinya produk telah mencapai predikat sangat baik. Pada tahap penyebaran, hasil angket peserta didik mendapat skor 98%, dan tidak ada masukan saran dari guru maupun peserta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul berbasis Realistic Mathematics Education pada materi pecahan untuk kelas V SD layak digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Modul, Realistic Mathematics Education, Pecahan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 19 Mar 2024 03:57 |
Perubahan Terakhir: | 19 Mar 2024 03:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14328 |
Actions (login required)
Lihat Item |