Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah pada Wanita Karier (Studi Kasus pada Wanita Karier di Kelurahan Deringo Kecamatan Citangkil Kota Cilegon)

Rahmawati, Fitri (2024) Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah pada Wanita Karier (Studi Kasus pada Wanita Karier di Kelurahan Deringo Kecamatan Citangkil Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110153_COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Teks
S_HKI_191110153_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (663kB)
[img] Teks
S_HKI_191110153_BAB 1.pdf

Download (388kB)
[img] Teks
S_HKI_191110153_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (288kB)
[img] Teks
S_HKI_191110153_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (584kB)
[img] Teks
S_HKI_191110153_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (484kB)
[img] Teks
S_HKI_191110153_BAB 5.pdf

Download (147kB)
[img] Teks
S_HKI_191110153_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)

Abstrak

Perkawinan adalah terlaksananya suatu akad yang menghalalkan pergaulan antara seorang laki-laki dan seorang perempuan serta atas terlaksananya akad tersebut timbul hak dan kewajiban atas keduanya. Sebagai sepasang suami istri mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan kehidupan rumah tangga yang harmonis. keharmonisan dalam keluarga dapat terwujud jika suami istri sadar akan hak dan kewajibannya. Di era globalisasi saat ini keterlibatan seorang istri dalam mencari nafkah untuk membantu suami dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga memiliki dampak positif dan negatif terhadap keharmonisan rumah tangga khususnya pada wanita karier di Kelurahan Deringo Kecamatan Citangki kota Cilegon. Perumusan masalahnya: 1). Bagaimana pandangan tentang keluarga sakinah menurut wanita karier di kelurahan Deringo kecamatan Citangkil kota Cilegon 2). Bagaimana upaya mewujudkan kelurga sakinah pada wanita karier di kelurahan Deringo kecamatan Citangkil kota Cilegon Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah: 1). Untuk mengetahui pemikiran tentang keluarga sakinah menurut wanita karier di kelurahan Deringo kecamatan Citangkil kota Cilegon. 2). Untuk mengetahui bagaimana upaya mewujudkan keluarga sakinah pada wanita karier. Metode penelitian skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Tenknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan hasil dari pengelolaan data setelah dibaca, dipelajari dan di telaah hasil dari wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi sehingga dapat membuat kesimpulan yang mudah difahami oleh diri sendiri maupun orang lain Kesimpulan dari hasil penelitian ini menjelaskan: Islam menjelaskan bahwa rumah tangga yang ideal adalah rumah tangga yang diliputi sakinah (ketenangan), mawaddah (rasa cinta), dan rahmah (kasih sayang). Menurut wanita karier keluarga sakinah merupakan keluarga yang di dalamnya terdapat ketenangan, ketentraman, nyaman, damai dan tidak ada pertengkaran serta aktifitas keluarganya berlandaskan syari’at Islam.Adapun upaya wanita karier dalam mewujudkan keluarga sakinah yaitu dengan saling komunikasi, memahami kelemahan dan kekuranga masing-masing, peningkatan suasana kehidupan yang berlandaskan syariat islam dalam rumah tangga, ekonomi yang tercukupi, asas egaliter (saling terbuka, memahami dan menghargai),mengatur waktu, dan meluangkan waktu bersama atau quality time.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Keluarga Sakinah, Wanita Karier
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 19 Mar 2024 03:46
Perubahan Terakhir: 26 Mar 2024 04:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14327

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.