Pengaruh Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Islam dan Kepuasan layanan Terhadap Peningkatan Minat Peserta Didik Masuk Sekolah (Studi di MTs Jabal Rachman Rajeg dan MTs Sepatan)

Hasanah, Diniyati (2024) Pengaruh Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Islam dan Kepuasan layanan Terhadap Peningkatan Minat Peserta Didik Masuk Sekolah (Studi di MTs Jabal Rachman Rajeg dan MTs Sepatan). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_ 202630006_COVER.pdf

Download (43kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_ 202630006_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (664kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_ 202630006_BAB 1.pdf

Download (397kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_ 202630006_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (434kB)
[img] Teks
T_MPI_ 202630006_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (441kB)
[img] Teks
T_MPI_ 202630006_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (611kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_ 202630006_BAB 5.pdf

Download (162kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_ 202630006_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran jasa pendidikan, Kepuasan layanan, serta hubungan bersama antara strategi pemasaran dan kepuasan layanan terhadap peningkatan minat peserta didik masuk sekolah di MTs Jabal Rachman Rajeg dan MTs Sepatan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Strategi Pemasaran dari Kotler, Kualitas Pelayanan dari Zeithaml dan Berry serta Minat dari Crow dan Crow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskrisptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner dengan menggunakan skala liker serta dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Hasil Pengjuan pengaruh antara Variabel Pemasaran dengan variabel minat MTs Sepatan lebih besar dari pada MTs Jabal Rachman, dengan perbandingan nilai uji t sebesar 5.208 dan 4.194 namun masih tergolong berpengaruh secara signifikan strategi pemasaran terhadap minat pada siswa. Variabel kepuasaan terhadap variabel minat dengan nilai uji t Menunjukkan MTs Sepatan lebih besar dari pada MTs, dengan perbandingan nilai uji t sebesar 4.073 dan 3.600 namun masih tergolong berpengaruh secara signifikan strategi pemasaran terhadap minat pada siswa. Hasil analisis pengaruh strategi pemasaran dan kepuasan layanan terhadap minat pada siswa MTs Sepatan itu sebesar 0.550. sedangkan hasil analisi di MTs Jabal Rachman sebesar 0.498. dengan demikian strategi pemasaran dikedua sekolah memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap minat pada siswanya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara Pengaruh Strategi pemasaran jasa pendidikan terhadap peningkatan minat peserta didik masuk sekolah di MTs Jabal Rachman Rajeg dan MTs Sepatan. Terdapat Pengaruh Kepuasan layanan terhadap peningkatan minat peserta didik masuk sekolah di MTs Jabal Rachman Rajeg dan MTs Sepatan. Serta Pengaruh bersama antara strategi pemasaran dan kepuasan layanan terhadap peningkatan minat peserta didik masuk sekolah di MTs Jabal Rachman Rajeg dan MTs Sepatan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Strategi Pemasaran, Kepuasan Layanan, Minat Peserta Didik
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 14 Mar 2024 04:14
Perubahan Terakhir: 15 Mar 2024 02:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14306

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.