Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mengurangi Kecemasan akan Kematian Pada Lanjut Usia (lansia) (Di Perumahan Taman Ciruas Permai, RT/RW 002/005, Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Provinsi Banten)

Ferliantika, Fera (2024) Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mengurangi Kecemasan akan Kematian Pada Lanjut Usia (lansia) (Di Perumahan Taman Ciruas Permai, RT/RW 002/005, Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_181520072_Cover.pdf

Download (95kB)
[img] Teks
S_BKI_181520072_Lampiran Depan.pdf

Download (521kB)
[img] Teks
S_BKI_181520072_BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Teks
S_BKI_181520072_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (338kB)
[img] Teks
S_BKI_181520072_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (124kB)
[img] Teks
S_BKI_181520072_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (224kB)
[img] Teks
S_BKI_181520072_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_BKI_181520072_Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB)

Abstrak

Lanjut usia adalah proses akhir dari tumbuh kembang yang terjadi pada manusia. Dan pada usia lanjut ini seringkali merasakan kecemasan yang berlebih terhadap kematian. Kecemasan akan kematian pada lanjut usia (lansia) menyebabkan banyak keluhan yang dialami oleh lanjut usia serta mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan tubuh lansia. Dengan menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) yang dapat membantu merasionalkan pikiran seseorang yang pada awal irasional menjadi pikiran yang rasional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi kecemasan akan kematian pada lansia di Desa Pelawad?; 2) Bagaimana pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) akan kematian pada lansia di Desa Pelawad?; 3) Bagaimana hasil pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) akan kematian pada lansia di Desa Pelawad? Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui kondisi kecemasan akan kematian pada lansia di Desa Pelawad; 2) mengetahui proses pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) akan kematian pada lansia di Desa Pelawad; 3) mengetahui hasil pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) akan kematian pada lansia di Desa Pelawad. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang digunakan untuk memperoleh informasi maupun gambaran dari permasalahan tersebut. Teknik yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada November 2022 sampai April 2023 dengan jumlah konseli pada penelitian ini adalah 2 orang lanjut usia yang mengalami kecemasan akan kematian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Kondisi kecemasan akan kematian pada lansia di Desa Pelawad sangat memengaruhi kesehatan tubuh lansia. Yang ditunjukan dengan gejala tangan gemetar, dada berdebar, detak jantung lebih cepat, dan lain sebagainya; 2) Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) akan kematian pada lansia dilakukan melalui tiga tahapan, sebagai berikut: a) pada pertemuan ke-1 dan ke-2 peneliti melakukan pendekatan serta mengetahui permasalahan konseli; b) pertemuan ke-3, 4, dan 5 peneliti menanamkan pikiran jika pemikiran negatif konseli dapat diubah; c) pertemuan akhir peneliti meyakinkan konseli agar berpikir secara rasional; 3) Hasil yang diperoleh dari pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) akan kematian pada lanjut usia adalah individu lanjut usia Yu dan So tidak lagi merasakan kecemasan yang berlebihan akan kematiannya, karena kematian adalah suatu hal yang akan dialami oleh semua manusia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Rational Emotive Behavior Therapy, Kecemasan Kematian, Lanjut Usia
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Mar 2024 04:19
Perubahan Terakhir: 14 Mar 2024 04:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14305

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.