Analisis Hukum Islam Terhadap Peran DP3A Kabupaten Tangerang Dalam Memberikan Perlindungan Kepada Perempuan Dan Anak Dari Tindak Kekerasan.

Nufus, Siti Hayatin (2023) Analisis Hukum Islam Terhadap Peran DP3A Kabupaten Tangerang Dalam Memberikan Perlindungan Kepada Perempuan Dan Anak Dari Tindak Kekerasan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110030_COVER.pdf

Download (159kB)
[img] Teks
S_HKI_191110030_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (449kB)
[img] Teks
S_HKI_191110030_BAB I.pdf

Download (475kB)
[img] Teks
S_HKI_191110030_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (442kB)
[img] Teks
S_HKI_191110030_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (267kB)
[img] Teks
S_HKI_191110030_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (388kB)
[img] Teks
S_HKI_191110030_BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Teks
S_HKI_191110030_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Teks
S_HKI_191110030_LAMPIRAN BELAKANG.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Nama: Siti Hayatin Nufus, NIM: 191110030, Judul Skripsi: Analisis Hukum Islam Terhadap Peran DP3A Kabupaten Tangerang Dalam Memberikan Perlindungan Kepada Perempuan Dan Anak Dari Tindak Kekerasan. Kekerasan merupakan perilaku yang menyebabkan seseorang menjadi luka atau lainnya. Kekerasan masalah yang sering sekali terjadi di dalam masyarakat, agar kekerasan tidak terjadi lebih banyak dan untuk meminimalisir terjadinya kekerasan lagi Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak inilah yang akan mengedukasi, melindungi, mengayomi semua masalah-masalah yang berkaitan dengan tindak kekerasan. Karena peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Kabupaten Tangerang ini yaitu melindungi dan memberikan hak-hak atas Perempuan dan anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dalam Memberikan Perlindungan Terhadap Perempuan dan Anak Dari Tinak Kekerasan, 2). Bagaimana Analisis Hukum Islam Terhadap Perlindungan Perempuan dan Anak Dari Tindak Kekerasan di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tangerang? Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengkaji peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tangerang dalam memberikan perlindungan terhadap Perempuan dan anak dari tindak kekerasan, 2). Untuk mengkaji bagaimana analisis Hukum Islam terhadap perlindungan Perempuan dan anak dalam tindak kekerasan. Metode penelitian ini, penulis menggunakan penelitian hukum empiris dengan pendekatan yang digunakannya yaitu perundang-undangan dan pendekatan dari sumber hukum primer dan sekunder, sumber hukum primer itu sumber data yang didapat dari wawancara para staff Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tangerang sedangkan sumber hukum sekunder data yang didapat dari studi kepustakaan dan studi dokumen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, studi pustaka, teknik dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan ini menyimpulkan bahwa: 1). Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Tangerang terhadap tindak kekerasan melingkupi berbagai upaya yang dilakukan yaitu dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat dengan cara melalui sosialisasi, edukasi, dan informasi disetiap kecamatan-kecamatan, sekolah-sekolah atau tempat-tempat lainnya. 2). Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Tangerang ini menurut hukum Islam yaitu lembaga Perlindungan Perempuan dan Anak yang kegiatannya sesuai dengan aturan-aturan didalam hukum Islam. Karena hal ini ada ketentuannya dalam hukum Islam bahwasannya umat manusia dilarang melakukan tindak kekerasan/mendzolimi perempuan dan anak dikarenakan perempuan dan anak mempunyai hak untuk hidup yang tenang dan maslahat

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I: Dr. H. Ahmad Sanusi, M.A Pembimbing I: Ika Atikah, S.H.I., M.H.
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.37 Menyusui dan mengasuh/memelihara anak
2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.39 Aspek munakahat lainnya
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 15 Mar 2024 06:38
Perubahan Terakhir: 15 Mar 2024 06:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14304

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.