Pandangan Huruf-Huruf Muqattha’ah dalam Al-Qur’an (Kajian Komparatif Az-Zarkaysi dan Theodor Noldeke)

Rosidah, Rosidah (2024) Pandangan Huruf-Huruf Muqattha’ah dalam Al-Qur’an (Kajian Komparatif Az-Zarkaysi dan Theodor Noldeke). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320052_Cover.pdf

Download (132kB)
[img] Teks
S_IAT_191320052_Lampiran Depan.pdf

Download (730kB)
[img] Teks
S_IAT_191320052_BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Teks
S_IAT_191320052_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (641kB)
[img] Teks
S_IAT_191320052_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (354kB)
[img] Teks
S_IAT_191320052_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (580kB)
[img] Teks
S_IAT_191320052_BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Teks
S_IAT_191320052_Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB)

Abstrak

Pembahasan huruf-huruf muqattha‟ah dalam Al-Qur‟an adalah hal menarik bagi para mufassir, yang dimana huruf-huruf muqattha‟ah atau biasa juga disebut dengan huruf-huruf pembuka surah dalam Al-Qur‟an. Para ulama sering kali berbeda pendapat tentang huruf-huruf muqattha‟ah ini, bahkan para ilmuan barat pun turut ikut andil dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur‟an salah satunya yang akan penulis bahas ini yakni huruf-huruf muqattha‟ah. Berdasarkan latar belakang diatas , maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana pengertian huruf-huruf muqattha'ah dalam Al-Qur‟an menurut Az-Zarkasyi dan Theodor Noldeke beserta Para Ulama dan orientalis? 2).Bagaimana pandangan huruf-huruf muqattha'ah menurut Az-Zarkasyi dan Theodor Noldeke?. Adapun tujuan dari skripsi ini adalah 1). Mengetahui pengertian huruf-huruf muqattha'ah dalam Al-Qur‟an menurut Az-Zarkasyi dan Theodor Noldeke serta para ulama dan Orientalis. 2). Mengetahui perbedaan pandangan mengenai huruf-huruf muqattha'ah menurut Az-Zarkasyi dan Theodor Noldeke. Dalam penyusunan skripsi ini penulis meggunakan jenis penelitian kualitatif, maka peneliti mengumpulkan data menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) yaitu mengupulkan data dan informasi dengan bantuan referensi-referensi yang bermacam-macam. Serta menggunakan metode pembahasan metode muqaran (komparatif/perbandingan). Hasil skripsi ini, sebagai berikut: Pengertian sekilas tentang tafsir, terjemah, ta‟wil, huruf mutasyabihat, huruf-huruf muqattha‟ah dan fa tih as-suwar. Pendapat-pendapat para ulama dan para orientalis mengenai huruf-huruf muqattha‟ah dalam Al-Qur‟an. Kemudian dipuncak pembahasan berisi tentang analisa perbandingan pandangan huruf-huruf muqattha‟ah antara Az-Zarkaasyi dan Theodor Noldeke . Menurut Az-Zarkasyi mengenai huruf muqattha‟ah adalah bagian kemukjizatan dan memiliki makna mendalam huruf ini termasuk ragam fawatih as-suwar yang terdapat dalam Al-Qur‟ n jumlahnya ada sepuluh macam,yakni; bentuk pujian, huruf-huruf tahajji, nida, jumlahb khabariyah, bentuk qasam, bentuk syarat, amar, istifham, du‟a, dan ta‟lil. Sedangakn Theodor Noldeke mengenai huruf-huruf muqattha‟ah ia mengatakan bahwa huruf-huruf itu tidak memiliki makna yang jelas. Dan huruf tersebut merupakan kode atau singkatan untuk kata-kata atau frasa yang penting dalam surat tersebut, dan ia juga berpendapat bahwa huruf-huruf muqattha‟ah adalah awalan nama Nabi misterius, serta menganggap potongan-potongan dari nama-nama sahabat Nabi Saw. Yang mempunyai naskah Al-Qur‟an.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 06 Mar 2024 06:45
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2024 06:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14253

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.