Pengaruh Relokasi Pasar Induk Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional (Study Kasus Pasar Cikupa)

Ali Mukti, Muhamad (2023) Pengaruh Relokasi Pasar Induk Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional (Study Kasus Pasar Cikupa). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
caver.pdf

Download (105kB)
[img] Teks
Lampiran Depan'.pdf

Download (582kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (418kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (417kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (462kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Teks
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Nama: Muhamad Ali Mukti, NIM: 181410074, Judul Skripsi: Pengaruh Relokasi Pasar Induk Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional (Study Kasus Pasar Cikupa). Adanya relokasi pasar merupakan solusi alternatif yang dihadirkan pemerintah guna memajukan pasar-pasar tradisional, dimana pasar tradisional yang sudah terkenal kumuh dan kotor direlokasikan untuk menciptakan pasar yang bersih dan rapi tataletaknya. Relokasi pasar induk Tanah Tinggi ke Jatake merupakan bagian dari Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang mana pemerintah kota berpendapat bahwa pasar induk Tanah Tinggi sudah tidak strategis dan selalu membuat macet di pagi hari. Dari adanya relokasi pasar induk ke Jatake memberikan dampak positif dan negatif bagi sekitarnya, adapun dampak positifnya ialah mengurangi biaya tranportasi pedagang menuju pasar tersebut dan negatifnya yaitu membuat konsumen yang biasa berbelanja di pasar desa langsung berbelanja di pasar induk. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Apakah relokasi pasar induk berpengaruh terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional/Cikupa? 2. Berapa besar pengaruh relokasi pasar induk terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional/Cikupa?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan berapa besarnya pengaruh relokasi pasar induk terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional/Cikupa. Penelitian ini menggunakan studi kausal dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik purposive sampling sebanyak 90 responden dan data diolah menggunakan SPSS ver.25 serta menggunakan metode regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa relokasi pasar induk berpengaruh positif dan signifikan terhadap penurunan pendapatan pedagang tradisional pasar Cikupa yang dibuktikan dengan hasil Thitung > Ttabel atau sig < 0,1 (10%) sebesar 6,113 > 1,6623 atau 0,000 < 0,1. Adapun hasil dari uji koefisien determinasi (R2) menunjukan pengaruh yang dihasilkan dari adanya relokasi pasar induk terhadap pasar sekitarnya ialah sebesar 0,298 atau 29,8%

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Dr H. Syaeful Bahri, S.Ag., MM, CHCM Pembimbing II: Henny Saraswati, M.M.
Kata Kunci (keywords): Relokasi Pasar Induk dan Pendapatan pedagang Pasar Tradisional
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 06 Mar 2024 04:58
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2024 04:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14251

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.