FITRIAH, FITRIAH (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS(Studi di MA Al-Khairiyah Pekalongan Cilegon). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
cover skripsweet.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (109kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (500kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB 1 FITRIAH.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (221kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB 2 FITRIAH.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (218kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB 3 FITRIAH.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (550kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB 5 FITRIAH.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (155kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA PRINT.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (220kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh fenomena pelaksanaan pembelajaran pada sekolah yang belum sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013. Hal ini juga terjadi di sekolah MA Al-Khairiyah Pekalongan cilegon. Pelaksanaan kurikulum 2013 yang cukup rumit baik dalam perencanaan, pelaksanaanya di dalam kelas, dan pada penilaianya membuat implementasinya di sekolah tersebut belum maksimal. Penerapan kurikulum 2013 di MA Al-Khairiyah Pekalongan Cilegon belum sepenuhnya sesuai dengan peraturan pemerintah. Hal ini terlihat dari pembelajaranya yang belum secara maksimal menerapkan standar proses kurikulum 2013 yaitu penerapan pendekatan saintifik. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran Al-qur’an Hadits di MA Al-Khairiyah Pekalongan Cilegon? dan 2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 di MA Al-Khairiyah Pekalongan Cilegon? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran Al-qur’an Hadits di MA Al-Khairiyah Pekalongan Cilegon dan 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 di MA Al-Khairiyah Pekalongan Cilegon. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Karena data yang diteliti merupakan gambaran atau deskripsi yang berupa kata atau data verbal dan bukan merupaka data berbentuk angka. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini yaitu: 1) Implementasi kurikulum 2013 di MA Al-Khairiyah Pekalongan Cilegon pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits belum dilaksanakan secara maksimal. dan 2) Faktor yang mendukung implementasi kurikulum 2013 yaitu sudah diadakannya pelatihan kurikulum 2013, guru yang mau berpartisipasi aktif pada saat sekolah mengadakan pelatihan kurikulum 2013, guru yang sudah memahami kurikulum 2013 dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor yang menghambat implementasi kurikulum 2013 seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai, guru yang belum begitu memahami penerapan kurikulum 2013, sumber belajar seperti buku paket yang sesuai dengan kurikulum 2013 kurang memadai dan masih banyaknya siswa yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dalam pembelajaran Al-quran hadist.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 22 Des 2017 08:40 |
Perubahan Terakhir: | 22 Des 2017 08:40 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1422 |
Actions (login required)
Lihat Item |