Penerapan Konseling Qur’ani Hidup Terhadap Laki-Laki Gagal Menikah di Kampung Kubang Apu Masjid Kelurahan Terondol Kecamatan Serang Kota Serang

Istiana, Istiana (2024) Penerapan Konseling Qur’ani Hidup Terhadap Laki-Laki Gagal Menikah di Kampung Kubang Apu Masjid Kelurahan Terondol Kecamatan Serang Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520185_Cover.pdf

Download (152kB)
[img] Teks
S_BKI_191520185_Lampiran Depan.pdf

Download (568kB)
[img] Teks
S_BKI_191520185_BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Teks
S_BKI_191520185_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (535kB)
[img] Teks
S_BKI_191520185_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (182kB)
[img] Teks
S_BKI_191520185_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (518kB)
[img] Teks
S_BKI_191520185_BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
S_BKI_191520185_Daftar Putsaka.pdf

Download (249kB)

Abstrak

Bagi sebagian kalangan ditinggal oleh orang yang sangat dicintai sangatlah berat, apabila mereka sudah merencanakan pernikahan. Hal tersebut bisa jadi menimbulkan suatu masalah dan konflik yang berat yang dialami oleh seseorang, dimana hal tersebut dapat mengakibatkan stress. Gagal menikah adalah suatu permasalahan yang sulit untuk diatasi bagi orang yang menghadapinya. Terjadinya gagal menikah bisa disebabkan karena adanya rasa takut, ragu, adanya pihak ketiga, faktor luar atau lingkungan, faktor sosial, kurangnya rasa cinta, hati yang kurang mantap, dan lain sebagainya. Konseling qur’ani sangat diperlukan pada kasus ini karena menyangkut penyakit hati yang bisa menjauhkan diri kita pada Allah SWT. Tujuan Penelitian: 1) Untuk mengetahui kondisi psikologis laki-laki gagal menikah di Kampung Kubang Apu Masjid Kota Serang. 2) Untuk mengetahui penerapan konseling qur'ani terhadap laki-laki gagal menikah di Kampung Kubang Apu Masjid Kota Serang. 3) Untuk mengetahui hasil penerapan koneling qur’ani pada laki-laki gagal menikah di Kampung Kubang Apu Masjid Kota Serang. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif Menurut Lexy J. Moeleong, yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh klien, dalam penelitian ini berjumlah 4 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian: 1) Kondisi klien laki-laki gagal menikah di Kampung Kubang Apu Masjid yaitu dari 4 klien merasakan depresi, suasana kehidupan yang hampa tidak terarah. Laki-laki gagal menikah memiliki perilaku seperti mengasingkan diri, raut wajah yang muram, diam dengan pandangan terlihat kosong dan terfikirkan selalu permasalahan yang sudah terjadi dan menyebabkan munculnya depresi. Sedangkan dalam segi kesehatan, laki-laki gagal menikah mengalami pola tidur yang kurang baik, sehingga yang memengaruhi kondisi fisik dan mental klien. 2) Proses penerapan konseling qur’ani terhadap klien IG, HY, IS, TI dikampung Kubang Apu Masjid dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu tahap pembukaan, tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. 3) Hasil penerapan koneling qur’ani pada laki-laki gagal menikah di Kampung Kubang Apu Masjid Kota Serang yaitu konseling qur’ani yang dilakukan oleh peneliti dengan kasus gagal menikah dapat menghilangkan trauma pada laki-laki dan kesedihan yang dialami klien selama ini dapat memulihkan kondisi-kondisi seperti sediakala, dari 4 klien hanya 1 orang klien IG yang mencapai kondisi damai dan 1 orang klien HY berhasil menghilangkan traumanya terhadap perempuan sekalipun belum mencapai maksimal, dan 2 orang klien IS dan TI bisa menerima takdir sekalipun kesedihan kadang masih dirasakan klien. Dengan demikian konseling qur’ani yang diberikan terhadap 4 klien belum berhasil sepenuhnya melainkan baru pada tahap penguatan psikis dengan faktor religiusitas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling Qur’ani, Gagal Menikah, Depresi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.1 Falsafah > 2x7.15 Ilmu jiwa agama Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 28 Feb 2024 03:11
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14214

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.