Pesan Dakwah Podcast Berbeda Tapi Bersama pada Aplikasi Noice (Analisis Isi Episode 34 "Menjadi Muslim di Vatikannya Indonesia”)

Aldiansyah, Didan (2024) Pesan Dakwah Podcast Berbeda Tapi Bersama pada Aplikasi Noice (Analisis Isi Episode 34 "Menjadi Muslim di Vatikannya Indonesia”). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_181510154_Cover.pdf

Download (164kB)
[img] Teks
S_KPI_181510154_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_181510154_Bab I.pdf

Download (238kB)
[img] Teks
S_KPI_181510154_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (716kB)
[img] Teks
S_KPI_181510154_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (172kB)
[img] Teks
S_KPI_181510154_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (954kB)
[img] Teks
S_KPI_181510154_Bab V.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
S_KPI_181510154_Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)

Abstrak

Penggunaan internet yang semakin tinggi mempengaruhi banyak hal termasuk perkembangan podcast di Indonesia. Podcast menjadi salah satu konten media online yang berkembang pesat selama pandemi berlangsung. Banyak podcast-podcast yang bermunculan dengan berbagai genre di Indonesia termasuk religi. Berkembangnya minat masyarakat pada podcast mendorong penulis untuk meneliti salah satu podcast bergenre religi pada sebuah media baru yaitu aplikasi Noice. Dalam aplikasi Noice terdapat banyak konten podcast dengan berbagai genre. Selain podcast ada juga musik, radio, audiobook dan konten audio lain. Podcast yang peneliti pilih untuk diteliti pada penelitian ini adalah podcast “Berbeda Tapi Bersama” dengan Host pada podcast ini adalah Habib Ja’far. Episode yang peneliti pilih untuk dilakukan analisis isi adalah episode 34 dengan judul “Menjadi Muslim Di Vatikannya Indonesia” dan bintang tamu yang diundang adalah Abdur Arsyad. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apa pesan dakwah aqidah, syariah, dan akhlak dalam podcast "Berbeda Tapi Bersama" episode 34? 2) Bagaimana tanggapan pendengar podcast "Berbeda Tapi Bersama" episode 34 pada aplikasi Noice?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apa pesan dakwah aqidah, syariah, dan akhlak dalam podcast "Berbeda Tapi Bersama" episode 34. 2) Untuk mengetahui tanggapan pendengar podcast "Berbeda Tapi Bersama" episode 34 pada aplikasi Noice. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis isi dengan pengumpulan data observasi dan dokumentasi, dan analisis data analisis isi Krippendorff. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka terdapat tiga kategori pesan yaitu aqidah, syariah dan akhlak. Pesan kategori aqidah adalah pesan dakwah mengenai keimanan yaitu syahadat dan juga menjaga keteguhan aqidah. Sedangkan, pesan dakwah kategori syariah mengenai ibadah yaitu sholat dan menikah, selain ibadah terdapat pula yaitu mengenai memakan makanan halal. Dan pesan dakwah kategori akhlak pada podcast Berbeda Tapi Bersama episode 34 adalah mengenai toleransi dan menjaga kelestarian alam dengan tidak memburu hewan yang tidak boleh ditangkap. Tanggapan dari pendengar podcast Berbeda Tapi Bersama episode 34 pada kolom komentar pada aplikasi Noice antusias dengan pembahasan episode 34. Para pendengar mampu menerima pesan dan memberikan respon. Pendengar memberikan komentar beragam, terdapat respon yang positif yaitu persetujuan, penerimaan manfaat dan konstruktif. Dan komentar negatif yaitu komentar kurang baik dan penilaian kurang baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pesan Dakwah, Podcast, Analisis Isi, Klaus Krippendorff
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.23 Materi Da’wah
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Feb 2024 02:40
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 07:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14180

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.