Implementasi Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 02 Tahun 2010 Tentang Pencegahan, Pemberantasan dan Penanggulangan Penyakit Masyarakat (Studi Kasus di Banten Lama)

Rohayati, Siti (2024) Implementasi Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 02 Tahun 2010 Tentang Pencegahan, Pemberantasan dan Penanggulangan Penyakit Masyarakat (Studi Kasus di Banten Lama). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HTN_161120113_Cover.pdf

Download (99kB)
[img] Teks
S_HTN_161120113_Lampiran Depan.pdf

Download (636kB)
[img] Teks
S_HTN_161120113_BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Teks
S_HTN_161120113_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (373kB)
[img] Teks
S_HTN_161120113_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (296kB)
[img] Teks
S_HTN_161120113_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (428kB)
[img] Teks
S_HTN_161120113_BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Teks
S_HTN_161120113_Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)

Abstrak

Negara Republik Indonesia memiliki wilayah atau territorial luas dengan penduduk yang padat dan terdapat beberapa kepentingan hidup yang khusus dan berbeda-beda, tidaklah dapat menghindari dari sIstem pemencaran dan pembagian wewenang antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, Otonomi daerah telah di wujudkan melalui Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Setiap Daerah harus membentuk suatu paket otonomi yang konsisten dengan kapasitas dan kebutuhannya. Dalam prinsip penyelenggaraan otonomi daerah harus berorientasi pada kesejahateraan masyarakat. Implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah mampu mendorong terjadinya perubahan baik secara fungsional maupun struktural dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah, salah satu perubahan yang esensial yaitu menyangkut kedudukan tugas pokok dan fungsi lisensi perangkat daerah Dinas Sosial. Rumusan Masalah dari skripsi ini mencangkup tentang bagaimana terlaksananya Peraturan Daerah Kota Serang nomor 02 tahun 2010 tentang bagaimana teknik mencegah, memberantas dan menanggulangi penyakit masyarakat yang dilakukan oleh pihak Dinas Sosial kemudian guna mengetahui pula faktor terciptanya Peraturan Daerah tersebut. Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan peraturan Daerah Kota Serang nomor 02 tahun 2010 tentang pencegahan, pemberantasan dan penanggulangan penyakit masyarakat oleh pihak Dinas Sosial Kota Serang dan tentunya untuk mengetahui faktor terciptanya Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 02 tahun 2010 tentang penyakit masyarakat. Metodologi Penelitian dalam penulisan ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (Field Reaserch). Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang merupakan data primer. Dan teknik analisis data atau teknik pengelolahan data diolah secara sistematis selanjutnya dibahas secara deskriptif normatif mengenai implementasi Peraturan Daerah oleh Pemerintah Berwenang. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dinas Sosial Kota Serang memiliki wewenang dan hak dalam menangani masalah kesejahteraan di Kota Serang untuk terus menindak lanjuti masalah penyakit masyarakat yang kerap kali terus diupayakan dalam perihal pencegahan, pemberantasan dan penanggulangannya dan dari hasil observasi timbul beberapa masalah seiring berjalannya proses dalam menanggulangi penyakit masyarakat yang ada di Kota Serang tersebut, diantaranya: kurangnya sumber daya manusia dan sumber pendanaan yang membuat pihak Dinas Sosial memiliki keterbatasan sarana dan prasarana, tidak adanya rumah rehabilitasi untuk Daerah Kota Serang sehingga para pengemis hanya bisa di optimalkan dengan pembinaan luar yang dapat memungkinkan jika tidak terpantau oleh pihak Dinas Sosial akan kembali turun ke lapangan untuk mengemis kembali.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peraturan Daerah, Dinas Sosial, Pengemis, Penyakit Masyarakat, Kota Serang
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum > 349 Hukum yurisdiksi tertentu & daerah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 22 Feb 2024 09:16
Perubahan Terakhir: 20 Mar 2024 02:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.