Khoirunnisa, Wilda (2024) Peran Guru dalam Menangani Anak Slow Learner di RA Baitul Muttaqien Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_191260036_Cover.pdf Download (102kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260036_Lampiran Depan.pdf Download (471kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260036_Bab I.pdf Download (261kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_191260036_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (202kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260036_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (367kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260036_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (241kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_191260036_Bab V.pdf Download (92kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260036_Daftar Pustaka.pdf Download (214kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Slow Learner atau yang dikenal dengan keterlambatan belajar adalah salah satu permasalahan pada anak, lambat belajar yang memiliki IQ dibawah rata-rata 70-90. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran guru dalam menangani masalah pada anak slow learner (lambat belajar) di RA Baitul Muttaqien Kabupaten Serang, dan untuk mengetahui cara guru dalam memberi penjelasan terkait pembelajaran kepada anak slow learner (lambat belajar) di RA Baitul Muttaqien Kabupaten Serang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Responden penelitian ini 5 orang anak dan 1 guru kelas ditambah informan pendukung 4 guru kelas. Penelitian ini dimulai dari bulan Juli-Agustus 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa foto. Peneliti menggunakan teknik analisis data berupa teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan conclusting drawing (pengambilan kesimpulan). Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Peran guru dalam menangani masalah yang dialami pada anak lambat belajar memiliki 5 peran yaitu: (a) Guru Sebagai Sumber Belajar, (b) Guru Sebagai Fasilitator, (c) Guru Sebagai Pengelola, (d) Guru Sebagai Demonstrator, dan (e) Guru Sebagai pembimbing; 2) Cara guru dalam memberi penjelasan kepada anak slow learner adalah dengan cara berkomunikasi, memberikan penjelasan berulang-ulang secara pelan dan perlahan pada saat suasana hati anak sedang baik dan melakukan pendekatan lebih intens kepada anak sehingga guru mengetahui letak persoalan yang membuat siswa kesulitan ketika sedang belajar, dan memberi semangat atau motivasi belajar kepada anak lambat belajar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Peran Guru, Slow Learner, Permasalahan Anak, Keterlambatan Belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 22 Feb 2024 08:33 |
Perubahan Terakhir: | 22 Feb 2024 08:33 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14172 |
Actions (login required)
Lihat Item |