Hakim, Abdul (2024) أثر استخدام إتقان المفردات العربية في القدرة على حفظ القرآن. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_191220051_Cover.pdf Download (259kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220051_Lampiran Depan.pdf Download (827kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220051_BAB I.pdf Download (464kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBA_191220051_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (643kB) |
||
Teks
S_PBA_191220051_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (703kB) |
||
Teks
S_PBA_191220051_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (601kB) |
||
|
Teks
S_PBA_191220051_BAB V.pdf Download (393kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220051_Daftar Pustaka.pdf Download (369kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan penguasaan kosakata bahasa Arab di gedung sekolah menengah Karagilan manusia dan pengaruh penguasaan kosakata bahasa Arab dalam menghafal Al-Qur'an. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan metode quasi eksperimental yang terdiri dari kategori eksperimen dengan perlakuan, sedangkan pada kategori kontrol tanpa perlakuan dengan desain kelompok yang tidak sama memerlukan adanya kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel yang diambil peneliti sebanyak 40 siswa. . Itu berarti 20 siswa sebagai kelas perwira dan 20 siswa sebagai kelas percobaan. Total sampling digunakan, yaitu teknik pengambilan sampel ketika semua anggota masyarakat digunakan sebagai sampel, data dikumpulkan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan post-testing, proses menghafal Al-Qur'an adalah tindakan yang sangat mulia, baik di hadapan manusia, maupun di hadapan Tuhan Yang Maha Esa Namun tidak sedikit para penghafal Al-Qur'an yang menghadapi kesulitan ketika menghafal Al-Qur'an, sehingga penerapan hafalan kosakata bahasa Arab dalam proses menghafal Al-Qur'an sangat bermanfaat, karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur'an yang akan membantu para penghafal Al-Qur'an mengingat Ayat tersebut merupakan ayat Al-Qur'an, hal ini juga akan membantu dalam proses memahami makna Al-Qur'an. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis data kuantitatif uji T menggunakan uji T untuk menguji t-sampel independen dengan hasil nilai signifikansi (sig.2 tailed) 0,01 dengan taraf signifikan 95% atau = 0,05 dimana nilai probabilitas kurang dari 0,05 (0,017 < 0,05) Dapat disimpulkan bahwa pengaruh penguasaan kosakata bahasa Arab berdampak pada kemampuan menghafal Al-Qur'an.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengaruh, kosakata bahasa Arab, menghafal Al-Qur'an |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 21 Feb 2024 04:56 |
Perubahan Terakhir: | 21 Feb 2024 06:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14162 |
Actions (login required)
Lihat Item |