Falsafah Pendidikan Islam dan Nahdhatul Ulama Menurut K.H. Hasyim Asyar’i

Ma’arif1, Samsul and Gunawan, Agus and Muhajir, Muhajir (2019) Falsafah Pendidikan Islam dan Nahdhatul Ulama Menurut K.H. Hasyim Asyar’i. Jurnal YAQZHAN.

[img] Teks
jurnal filsafat.docx

Download (98kB)
[img] Gambar
jurnal YAQZHAN.jpg

Download (53kB)

Abstrak

Filsafat Pendidikan Islam dalam Pandangan Nahdatul Ulama. Penelitian ini menganalisis tentang Filsafat Pendidikan Islam dalam Sudut Pandang NU yang menjadi topik yang menggugah minat peneliti untuk mengkajinya. Data penelitian ini diperoleh melalui telaah dokumen dan dikonfirmasi melalui observasi mendalam, kemudian dianalisis menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ajaran NU mengembangkan prinsip al-muhâfazhah ala qadîm al-shâlih wa al-akhzu bi al-jadîd al-ashlâh, yang mana prinsip tersebut telah menjadi nilai inti yang diterapkan dalam belajar mengajar. . Tentu saja penelitian ini menegaskan kesimpulan beberapa ulama bahwa pendidikan harus mendukung pemahaman Islam yang moderat dan nilai-nilai persaudaraan Islam yang tinggi.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Falsafah Pendidikani1, Pandangan2, Nahdhatul Ulama
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 19 Feb 2024 08:37
Perubahan Terakhir: 19 Feb 2024 08:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14126

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.