Penguatan Nilai Toleransi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jayanti

Amaliyah, Hisni Hasanatul (2024) Penguatan Nilai Toleransi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jayanti. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210162_Cover.pdf

Download (106kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210162_Lampiran Depan.pdf

Download (493kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210162_BAB I.pdf

Download (394kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_191210162_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (425kB)
[img] Teks
S_PAI_191210162_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (221kB)
[img] Teks
S_PAI_191210162_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (280kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210162_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210162_Daftar Pustaka.pdf

Download (320kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nilai toleransi saat ini sangat penting untuk ditanamkan khususnya di lingkungan sekolah. Indonesia merupakan negara dengan beraneka ragam budaya, tradisi, bahasa, dan ras, yang semuanya merupakan bagian dari identitas bangsa. Maka dari itu siswa harus paham tentang toleransi beragama. Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui bagaimana penguatan nilai toleransi beragama di SMP Negeri 1 Jayanti, bagaimana strategi guru dalam penguatan nilai toleransi beragama, bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam penguatan nilai toleransi agama, dan bagaimana tanggapan sekolah mengenai toleransi beragama Dan Adapun indikator dari nilai toleransi beragama ada empat yaitu: menghargai ritual peribadahan dan perayaan orang lain, menghormati ajaran agama, suku, dan ras orang lain, tidak fanatik terhadap keyakinannya sendiri, menerima adanya perbedaan, menerima adanya perbedaan dari kelompok lain. Manfaat dalam penelitian ini untuk sekolah, untuk guru dan untuk penulis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatana kualitatif, dengan jenis penelitian deskrifif kualitatif untuk mendeskripsikan kejadian sesungguhnya dalam bentuk uraian kalimat. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan 3 tahap yaitu: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penguatan nilai toleransi beragama di SMP Negeri 1 Jayanti sudah cukup baik, sebab guru dan Lembaga sangat berintegritas dalam mencetak generasi bangsa. Meskipun demikian masih ada beberapa hal yang perlu di tingkatkan agar penguatan nilai toleransi beragama juga menjadi prioritas yang cukup di perhatikan di SMP Negeri 1 Jayanti.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Toleransi Beragama, Pendidikan Agama Islam
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 16 Feb 2024 03:09
Perubahan Terakhir: 16 Feb 2024 03:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14113

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.