Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi Untuk Meninngkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar (R&D di kelas VI SDN PETIR 1)

Apiah, Dea (2024) Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi Untuk Meninngkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar (R&D di kelas VI SDN PETIR 1). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240074_Cover.pdf

Download (54kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240074_Lampiran Depan.pdf

Download (833kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240074_BAB I.pdf

Download (356kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240074_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (521kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240074_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (373kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240074_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (745kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240074_BAB V.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240074_Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran yang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang dilakukan dengan lima langkah, adapun langkah-langkah tersebut sebagai berikut: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Berdasarkan langkah-langkah di atas, peneliti menghasilkan produk berupa media Komik Digital pada pembelajaran bahsa indonesia. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu fisik atau tampilan, aspek pemamfaatan, dan aspek materi yang melibatkan beberapa validator. Dari data yang diperoleh 1) validasi media komik digital mendapat skor 90% dengan kategori “Sangat Baik” 2) validasi materi mendapat skor 96% dengan kategori “Sangat Baik”. 3) validasi ahli Bahasa mendapat skor 100% dengan kategori “sangat baik”. 4). mendapat skor validasi guru kelas VI 96%% “Sangat Baik”, Selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada 20 siswa dengan nilai rata-rata 0.8 masuk dalam kategori “Tinggi”. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik digital dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI sekolah dasar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran, Berfikir Kritis, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Jan 2024 07:22
Perubahan Terakhir: 30 Jan 2024 07:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14087

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.