Analisis SWOT Sistem Pembayaran Premi Melalui Virtual Account Pada Asuransi Syariah di PT. Asuransi Takaful Keluarga Representative Office Kota Serang

Muzdalifah, Alfiyah (2024) Analisis SWOT Sistem Pembayaran Premi Melalui Virtual Account Pada Asuransi Syariah di PT. Asuransi Takaful Keluarga Representative Office Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AS_191430091_Cover.pdf

Download (286kB)
[img] Teks
S_AS_191430091_Lampiran Depan.pdf

Download (616kB)
[img] Teks
S_AS_191430091_BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Teks
S_AS_191430091_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (398kB)
[img] Teks
S_AS_191430091_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (384kB)
[img] Teks
S_AS_191430091_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (585kB)
[img] Teks
S_AS_191430091_BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Teks
S_AS_191430091_Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB)

Abstrak

Pertumbuhan premi asuransi terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, dalam hal ini pertumbuhan premi juga akan berdampak pada peningkatan sistem pembayaran premi yang mulanya menggunakan sistem pembayaran manual seperti setor tunai, kini telah berkembang menjadi sistem pembayaran yang berbasis online salah satunya seperti vitual account. Sistem pembayaran premi melalui virtual account ini memiliki banyak dampak positif baik itu untuk perusahaan maupun untuk peserta asuransi itu sendiri. Namun, sistem pembayaran premi melalui virtual account juga memiliki kendala salah satunya ialah masih adanya peserta yang belum paham menggunakan sistem pembayaran yang berbasis online ini. Oleh karena itu, untuk menghadapi kendala yang ada maka diperlukan evaluasi terhadap keadaan perusahaan yang sebenarnya dengan menggunakan analisis SWOT. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana sistem pembayaran premi di PT. Asuransi Takaful Keluarga Representative Office Kota Serang. 2) Untuk mengetahui bagaimana pembayaran premi melalui virtual account di PT. Asuransi Takaful Keluarga Representative Office Kota Serang. 3) Untuk mengetahui hasil analisis SWOT sistem pembayara premi melalui virtual account pada Asuransi Syariah di PT. Asuransi Takaful Keluarga Representative Office Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis SWOT yang meliputi Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks SWOT dan Matriks IE. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian, sistem pembayaran premi di Takaful Keluarga harus menggunakan sistem yang telah disediakan oleh perusahaan, semua sistem pembayaran harus mengikuti SOP yang telah ditetapkan. PT. Asuransi Takaful Keluarga bekerjasama dengan Bank Muamalat dan Permata Syariah untuk layanan virtual accountnya, untuk peserta yang memakai kedua Bank tersebut tidak dikenakan biaya layanan seperti sistem pembayaran lainnya. Kemudian pembukuan dapat dilakukan secara otomatis sehingga perusahaan tidak perlu mengecek secara manual dan peserta tidak perlu mengirimkan bukti transaksi. Berdasarkan hasil analisis faktor internal menggunakan matriks IFAS menunjukan nilai 3,04, sedangkan faktor eksternalnya menggunakan matriks EFAS menunjukan nilai 2,83. Kemudian hasil analisis data menggunakan matriks SWOT menunjukan bahwa nilai terbesar berada pada strategi Weaknesses Opportunities (WO). Selanjutnya matriks Internal Eksternal (IE) menunjukan bahwa posisi PT. Asuransi Takaful Keluarga Representative Office Kota Serang berada pada posisi sel IV. Posisi ini menunjukan bahwa perusahaan berada pada posisi pertumbuhan dan membangun (Growth and Build).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Analisis SWOT, Sistem Pembayaran, Premi, Virtual Account dan Asuransi Syariah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Jan 2024 06:44
Perubahan Terakhir: 30 Jan 2024 06:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14085

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.