Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas V

Khoirunnisa, Neneng (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas V. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240057_Cover.pdf

Download (192kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240057_Lampiran Depan.pdf

Download (958kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240057_BAB I.pdf

Download (327kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240057_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (477kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240057_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (672kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240057_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (537kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240057_BAB V.pdf

Download (289kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240057_Daftar Pustaka.pdf

Download (301kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur serta kelayakan dari produk yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model 4D. berdasarkan hasil penelitian prosedur yang dilakukan mengacu pada model 4D yang terdiri dari 4 langkah yakni Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Desseminate (Penyebaran). Validasi produk pada penelitian ini yakni dilihat dari analisis angket validator, kemudian melakukan perbaikan atas saran validator kemudian dilihat dari respon guru dan siswa baik secara tertulis melalui angket respon juga melalui respon secara lisan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis terhadap angket ahli skor rata-rata produk 87% artinya produk telah mencapai predikat sangat baik menurut aspek penilaian dan dinilai “layak (Valid)” dan produk mendapat respon baik dari guru dan siswa, hal ini terbukti dengan hasil angket respon siswa dan guru masing-masing 100% dan 89%. Dalam pelaksanaan uji coba tidak ada perbaikan dari guru dan siswa juga terlihat sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang di kelas V MI Raudlatul Athfal layak digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): LKPD, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah, Bangun Ruang
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Jan 2024 04:24
Perubahan Terakhir: 30 Jan 2024 04:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14083

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.