Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penyelesaian Pembayaran Kredit Bermasalah pada Jual Beli Keramik (Studi Kasus Toko Keramik Mulia Agung Pasar Kemis Tangerang)

Tazkia, Najwa (2024) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penyelesaian Pembayaran Kredit Bermasalah pada Jual Beli Keramik (Studi Kasus Toko Keramik Mulia Agung Pasar Kemis Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130205_Cover.pdf

Download (102kB)
[img] Teks
S_HES_191130205_Lampiran Depan.pdf

Download (443kB)
[img] Teks
S_HES_191130205_BAB I.pdf

Download (508kB)
[img] Teks
S_HES_191130205_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (510kB)
[img] Teks
S_HES_191130205_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (185kB)
[img] Teks
S_HES_191130205_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (439kB)
[img] Teks
S_HES_191130205_BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Teks
S_HES_191130205_Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB)

Abstrak

Jual beli merupakan suatu perjanjian tukar-menukar benda dalam bentuk pemindahan kepemilikan atas dasar sukarela antara kedua belah pihak. Sistem jual beli terdapat dua macam yaitu jual beli secara tunai dan jual beli kredit. Jual beli kredit adalah pembelian suatu barang dengan sistem pembayaran secara berangsur-angsur sesuai dengan tahapan pembayaran yang disepakati oleh kedua belah pihak. Toko keramik Mulia Agung memberikan transaksi secara berangsur-angsur hanya kepada kerabat atau orang-orang terdekat saja, jual beli dengan sistem cicilan yang terjadi pada toko keramik Mulia Agung sangat disukai pembeli karena tidak adanya jaminan dari pembeli kepada penjual dan tidak adanya pula harga tambahan akan tetapi hal ini justru membuat beberapa pembeli yang melakukan jual beli dengan sistem cicilan tidak bertanggung jawab atas hutangnya atau melalaikan kewajiban untuk membayar sehingga membuat penjual dirugikan akibat kelalaian pembeli yang disengaja. Berdasarkan hasil pemaparan masalah di atas maka penulis dapat merumuskan permasalahan penelitian ini sebagai berikut: 1). Bagaimana penyelesaian pembayaran kredit bermasalah pada jual beli keramik di toko keramik Mulia Agung Pasar Kemis Tangerang? 2). Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian pembayaran kredit bermasalah pada jual beli keramik di toko keramik Mulia Agung Pasar Kemis Tangerang? Adapun tujuan dari penelitian ini diantaranya: 1). Untuk mengetahui penyelesaian pembayaran kredit bermasalah pada jual beli keramik di toko keramik Mulia Agung Pasar Kemis Tangerang. 2). Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian pembayaran kredit bermasalah pada jual beli keramik di toko keramik Mulia Agung Pasar Kemis Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis Yuridis Empiris yaitu metode penelitian hukum dengan melihat bagaimana sikap dan perilaku masyarakat terhadap norma atau hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1). Penyelesaian pembayaran kredit yang bermasalah tidak efektif karena tidak adanya sanksi yang diberikan oleh pemilik toko kepada pembeli yang bermasalah setelah tidak tercapainya kesepakatan dari hasil musyawarah. 2). Penyelesaian pembayaran kredit bermasalah yang terjadi di toko keramik Mulia Agung Pasar Kemis Tangerang belum sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No: 17/DSN-MUI/IX/2000 Tentang Sanksi Atas Nasabah Mampu yang Menunda-nunda Pembayaran dan KHES Pasal 38.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Jual Beli, Sistem Kredit, Hukum Islam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Jan 2024 02:50
Perubahan Terakhir: 24 Jan 2024 02:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14077

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.