Pengaruh Penggunaan Media Dakon Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Asaryanti, Omi Ela (2024) Pengaruh Penggunaan Media Dakon Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240056_Cover.pdf

Download (127kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240056_Lampiran Depan.pdf

Download (617kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240056_BAB I.pdf

Download (179kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171240056_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (913kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240056_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (414kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240056_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (611kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240056_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240056_Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media dakon matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDIT Al-Izzah Perum Mustika Tigaraksa. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Dalam menentukan sampel penelitian, penelitian menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sample. Sampel penelitian ini menggunakan dua kelompok, pada kedua kelompok akan diberikan treatment yang berbeda, kelompok eksperimen menggunakan media dakon matematika sedangkan pada kelompok kontrol menggunakan pembelajaran secara konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi dan angket / kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. hasil menunjukkan bahwa penggunaan media dakon matematika berdampak positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, hal ini dapat ditunjukkan dengan thitung = 3,621 > ttabel 1,67591.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Dakon, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 18 Jan 2024 07:53
Perubahan Terakhir: 18 Jan 2024 07:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14053

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.