Komunikasi Penyiaran Islam, Komunikasi Dakwah Tokoh Agama dalam Meredam Potensi Konflik di Masyarakat

Mulyana, Deni (2024) Komunikasi Penyiaran Islam, Komunikasi Dakwah Tokoh Agama dalam Meredam Potensi Konflik di Masyarakat. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_171330122_COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Teks
S_KPI_171330122_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (320kB)
[img] Teks
S_KPI_171330122_BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Teks
S_KPI_171330122_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (402kB)
[img] Teks
S_KPI_171330122_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (224kB)
[img] Teks
S_KPI_171330122_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (533kB)
[img] Teks
S_KPI_171330122_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_KPI_171330122_DARTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)

Abstrak

Dakwah merupakan suatu aktivitas untuk mengajak orang kepada ajaran islam yang dilakukan secara damai dan lembut, dengan tujuan membuat kehidupan individu dan masyarakat yang aman, damai, dan sejahtera yang dinaungi kebahagiaan baik jasmani maupun ruhani untuk mencapai ridha-Nya. Dari begitu banyaknya pendakwah-pendakwah di Indonesia yang mensyiarkan ilmunya melalui media atau secara langsung, mereka mempunyai berbagai macam karakteristik masing-masing yang berbeda. Tujuan mereka berdakwah untuk mengingatkan orang-orang untuk kembali kepada-Nya, tanpa memandang latarbelakang orang tersebut. Tapi masih saja banyak konflik yang terjadi dalam memahami isi kitab kuning, bukan isi dari kitabnya yang salah, melainkan cara penyampaian para tokoh agama (pendakwah) yang masih kurang dalam penyampaian serta memahami perbedaan yang ada didalam isi kitab kuning. Bedasarkan latar belakang yang telah disampaikan diatas maka yang menjadi rumusan masalah adalah Bagaimana komunikasi Tokoh Agama dalam meredam Potensi Konflik di Masyarakat melalui Pengajian mingguan dan bulanan yang berada di kampung Borondong. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan cara tokoh agama yang mengatasi kebingungan atau saling menyalahkan di masyarakat dikarenakan mendapatkan pelajaran yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Tipe penelitian yang digunakan deskriptif dan dasar penelitian Studi Kasus. Bedasarkan hasil penelitian dibahwa kmunikasi tokoh agama dalam meredam potensi konflik di masyarakat dengan cara menjelaskan dengan singkat bahwa semua perbedaan itu sesuai dengan isi kitab serta boleh di ikuti atau tidak di ikuti. Didapatkanlah metode-metode efisien yaitu, dengan menggunakan kitab kuning dan disampaikan dengan cara menterjemahkan kemudia diceritakan menggunakan bahasa yang mudah dan menyentuh ke hati, ditambah dengan analogi-analogi dan dalil sesuai data ilmiyah dari al-quran dan hadist yang kuat, sehingga mempermudah seseorang memahami maksud dalam kitab tersebut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 18 Jan 2024 06:47
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 07:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14052

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.