Studi Komparasi Nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku Tahdzîb al Akhlâq Karya Ibnu Miskawaih dan Ayyuhâ al Walad Karya Al Ghazâlî

Itaniyah, Siska (2024) Studi Komparasi Nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku Tahdzîb al Akhlâq Karya Ibnu Miskawaih dan Ayyuhâ al Walad Karya Al Ghazâlî. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_212621027_COVER.pdf

Download (181kB)
[img] Teks
T_PAI_212621027_LAMPIRAN DEPAN TESIS.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
T_PAI_212621027_BAB I.pdf

Download (779kB)
[img] Teks
T_PAI_212621027_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
T_PAI_212621027_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (333kB)
[img] Teks
T_PAI_212621027_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (852kB)
[img] Teks
T_PAI_212621027_BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Teks
T_PAI_212621027_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak, materi pendidikan akhlak dan metode pendidikan akhlak dalam buku Tahdzîb al Akhlâq Karya Ibnu Miskawaih dan Ayyuhâ al Walad Karya Imam Al Ghazâlî. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif atau analisis teks dan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik studi literatur (pustaka), dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku Tahdzîb al Akhlâq karya Ibnu Miskawaih dan Ayyuhâ al Walad karya Imam Al Ghazâlî. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada kesamaan dalam nilai-nilai pendidikan akhlak yang ditekankan oleh Ibnu Miskawaih dan Al Ghazâlî, seperti kesabaran, kejujuran, kedermawanan, dan kasih sayang. Kedua buku ini juga menekankan pentingnya memiliki rasa tanggung jawab dan kesadaran sosial dalam kehidupan sehari-hari. Namun, terdapat perbedaan dalam pendekatan dan metode yang digunakan oleh kedua tokoh ini dalam mengajarkan pendidikan akhlak. Ibnu Miskawaih cenderung menggunakan pendekatan filosofis dan mendorong refleksi diri yang mendalam, sementara Al Ghazâlî lebih mengutamakan pendekatan praktikal dan memberikan petunjuk yang jelas mengenai tindakan konkret yang harus diambil dalam mengembangkan akhlak yang baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pendidikan akhlak adalah aspek penting dalam kehidupan individu dan masyarakat. Melalui pemahaman dan pengajaran nilai-nilai pendidikan akhlak yang ditemukan dalam buku-buku ini, diharapkan dapat membantu dalam membentuk individu yang berakhlak baik dan masyarakat yang lebih baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Studi Komparasi, Nilai Pendidikan Akhlak, Buku Tahdzîb al Akhlâq Karya Ibnu Miskawaih, Buku Ayyuhâ al Walad Karya Al Ghazālî
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Jan 2024 07:04
Perubahan Terakhir: 16 Jan 2024 08:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14034

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.