Penguatan Pembelajaran Kitab Kuning sebagai Upaya dalam Meningkatkan Kompetensi Ilmu Keagamaan di Pesantren Daar El Hasanah Kec. Jawilan

As'a, Atisa (2024) Penguatan Pembelajaran Kitab Kuning sebagai Upaya dalam Meningkatkan Kompetensi Ilmu Keagamaan di Pesantren Daar El Hasanah Kec. Jawilan. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_212621035_COVER.pdf

Download (167kB)
[img] Teks
T_PAI_212621035_LAMPIRAN DEPAN TESIS.pdf

Download (662kB)
[img] Teks
T_PAI_212621035_BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Teks
T_PAI_212621035_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (705kB)
[img] Teks
T_PAI_212621035_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (346kB)
[img] Teks
T_PAI_212621035_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (530kB)
[img] Teks
T_PAI_212621035_BAB V.pdf

Download (304kB)
[img] Teks
T_PAI_212621035_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstrak

Dunia pendidikan saat ini semakin berkembang, berbagai macam pembaharuan yang dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan, maka diperlukan berbagai terobosan baik dalam pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, dan pemenuh sarana serta prasarana pendidikan. Dalam perkembangannya, pondok pesantren melalui berbagai siklus perkembangannya baik dalam tatanan metodologi maupun keorganisasian pesantren itu sendiri. Kitab kuning menjadi ukuran eksistensi pesantren sebagai lembaga pendidikan islam tertua di nusantara. Melalui pembelajaran kitab kuning sebagai upaya dalam penguatan Kompetensi Keagamaan dengan cara mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya sehingga menjadi ahli ilmu agama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penguatan pembelajaran kitab kuning sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi ilmu keagamaan di Pesantren Daar El Hasanah Kec. Jawilan, Bagaimana hasil dari penguatan pembelajaran kitab kuning sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi ilmu keagamaan di Pesantren Daar El Hasanah Kec. Jawilan, Bagaimana faktor penghambat dan pendukung terhadap penguatan pembelajaran kitab kuning sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi ilmu keagamaan di pesantren Daar El Hasanah Kec. Jawilan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menjelaskan penguatan pembelajaran kitab kuning dalam meningkatkan kompetensi ilmu keagamaan di Pesantren Daar El Hasanah Kec. Jawilan dan hasil dari penguatan pembelajaran kitab kuning yang diterapkan, serta melihat faktor pendukung dan penghambat dari penerapan pembelajaran kitab kuning tersebut dalam meningkatkan kompetensi ilmu keagamaan di Pesantren Daar El Hasanah Kec. Jawilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenoligi. Tujuannya untuk mendeskripsikan komponen yang ditemui dalam penelitian serta menganalisisnya dengan mengumpulkan informasi dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa Penguatan pembelajaran kitab kuning di pesantren Daar El Hasanah kec. Jawilan adalah dengan memperdalam kajian kitab kuning, Tahsin, Tahfidz Al-Quran dan pembelajaran yang menggunakan kurikulum perpaduan antara kurikulum pesantren dan kurikulum dinas Pendidikan. Sehingga hasil dari penerapan pembelajaran kitab kuning albayan dan albidayah yang diterapkan di pesantren Daar El Hasanah Kec. Jawilan terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan santri dalam membaca dan memahami kitab kuning serta mampu menerapkan kaidah-kaidah ilmu nahwu dan shorof, Adapun faktor pendukung dari penguatan pembelajaran kitab kuning diantaranya adalah tingginya motivasi yang ada pada diri santri serta keinginan untuk mempelajari dan mengkaji kitab kuning.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Penguatan, Kitab Kuning, Albayan dan Albidayah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Jan 2024 06:51
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2024 09:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.