Pengaruh Variasi Mengajar Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Studi Eksperimen di SMK Negeri Pertanian Kota Serang)

Lismawati, Euis (2023) Pengaruh Variasi Mengajar Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Studi Eksperimen di SMK Negeri Pertanian Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210018_Cover.pdf

Download (21kB)
[img] Teks
S_PAI_191210018_Lampiran Depan.pdf

Download (788kB)
[img] Teks
S_PAI_191210018_BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Teks
S_PAI_191210018_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (352kB)
[img] Teks
S_PAI_191210018_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (577kB)
[img] Teks
S_PAI_191210018_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (647kB)
[img] Teks
S_PAI_191210018_BAB V.pdf

Download (248kB)
[img] Teks
S_PAI_191210018_Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui penerapan variasi mengajar Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan variasi mengajar Numbered Head Together (NHT). 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh variasi mengajar Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri Pertanian Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Pada penelitian ini kelas XII OTKP1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan variasi mengajar Numbered Head Together (NHT) dan kelas XII OTKP2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional atau ceramah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh variasi mengajar Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil perhitungan Post – Test kelas eksperimen yang menggunakan variasi mengajar Numbered Head Together (NHT) dengan nilai rata – rata 72,18 menunjukkan nilai lebih tinggi dari nilai rata – rata kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional yaitu 65,88. Dan berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh dengan nilai Thitung > Ttabel yaitu 8,75 > 1,997 dengan taraf signifikan 5%, ketentuan dari rumusan uji hipotesis jika Thitung lebih besar dari Ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan variasi mengajar Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri Pertanian Kota Serang memberikan hasil yang lebih baik terhadap aktivitas belajar peserta didik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Variasi Mengajar NHT, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Des 2023 03:55
Perubahan Terakhir: 29 Des 2023 03:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13996

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.