Manajemen Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren (Di Pondok Pesantren Daarul Anshor Pakuhaji Tangerang)

Hotimah, Husnul (2023) Manajemen Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren (Di Pondok Pesantren Daarul Anshor Pakuhaji Tangerang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_192630018_COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Teks
T_MPI_192630018_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (537kB)
[img] Teks
T_MPI_192630018_BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Teks
T_MPI_192630018_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
T_MPI_192630018_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (226kB)
[img] Teks
T_MPI_192630018_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (443kB)
[img] Teks
T_MPI_192630018_BAB V.pdf

Download (236kB)
[img] Teks
T_MPI_192630018_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstrak

Dekadensi moral seperti moralitas akan rasa hormat dan sopan santun serta tanggung jawab diri juga orang disekitarnya terjadi di masyarakat khususnya anak-anak yang mana minim akan pengetahuan sehingga menghilangkan jati diri sendiri dan bangsa jika kita mengembalikannya kepada agama norma dan nilai Islam. Penulis berminat terhadap penanaman karakter sebagai proses dalam mendidik di pondok pesantren dimana hal tersebut membutuhkan sitem manajemen yang efektif dan efisien sebagai sarana dalam mencapai target pendidikan yang ingin dicapai. Pentingnya pendidikan karkater guna membentuk sikap dan pengalaman yang kaya akan intelektualitas karkter serta nilai luhur yang menjadi jati diri bangsa menjadi point penting dimana Indonesia sebagai negeri dengan jumlah pesantren yang menjadi budaya khasanah bangsa. Adapun tujuan dari penulisan tesis ini adalah : (1) mendeskripsikan bagaimana perencanaan strategis dalam menanamkan pendidikan karakterdi Pondok Pesantren Daarul Anshor Pakuhaji, (2) mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter di pondok pesantren Daarul Anshor Pakuhaji, (3) mendeskripsikan bagaimana pengawasan pelaksanaan pendidikan karakter di pondok pesantren Daarul Anshor Pakuhaji. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang semuanya untuk menjawab permasalahan tentang manajemen pendidikan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Daarul Anshor Pakuhaji Tangerang, adapun informan penelitian ini adalah Pengasuhan Santri dan Santri. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) perencanaan program strategis dalam manajemen pendidikan karakter di pondok pesantren diawali dengan membuat target sasaran yang ingin dicapai dengan menyiapkan fasilitas pendukung sebagai sarana dan prasarana serta program unggulan yang dibuat dengan matang serta membuat peraturan dan pedoman dari kegiatan yang akan di buat. (2) pelaksanaan pendidikan karakter di pondok pesantren dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan sehingga dapat terlaksana kegiatan-kegiatan yang tepat guna. Dengan melakukan pengarahan dan pemberian motivasi serta memimpin dan mengkomunikasikan setiap pengambilan keputusan yang ada dalam pelaksanaan (3) Pengawasan manajemen pendidikan karakter di pondok pesantren dilakukan secara langsung dan tidak langsung oleh seluruh pihak pondok pesantren.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Management, Character Education, Islamic Boarding Schools, Education Management
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 21 Des 2023 02:10
Perubahan Terakhir: 21 Des 2023 02:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13972

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.