Analisis Hukum Islam Terhadap Risiko-Risiko Jasa Pengiriman Barang (Studi Kasus Pada J&T Express Kota Serang)

Adila, Syifa Rahma (2023) Analisis Hukum Islam Terhadap Risiko-Risiko Jasa Pengiriman Barang (Studi Kasus Pada J&T Express Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_181130157_Cover.pdf

Download (98kB)
[img] Teks
S_HES_181130157_Lampiran Depan.pdf

Download (457kB)
[img] Teks
S_HES_181130157_BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Teks
S_HES_181130157_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (354kB)
[img] Teks
S_HES_181130157_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (344kB)
[img] Teks
S_HES_181130157_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (373kB)
[img] Teks
S_HES_181130157_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_HES_181130157_Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB)

Abstrak

Perkembangan teknologi yang pesat membuat kemajuan dalam bisnis online, sehingga mempengaruhi perkembangan bisnis pada bidang jasa pengiriman barang. PT. Global Jet Teknologi Express atau yang biasa dikenal dengan nama J&T Express, merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang, memiliki beberapa kantor cabang yang disebut dengan drop point dan tersebar di seluruh Indonesia. Dan salah satu cabangnya ada di Kota Serang, yang selanjutnya disebut J&T Express cabang Kota Serang. Dalam proses ketika pengiriman barang berlangsung, terdapat risiko-risiko yang kerap kali terjadi. Jika terjadi risiko dalam pengiriman barang, perusahaan harus melakukan tanggung jawab dengan cara melakukan ganti rugi melalui pengelolaan risiko serta mencari solusi untuk meminimalisir risiko-risiko yang terjadi. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Apa saja risiko-risiko yang ada pada jasa pengiriman barang?, 2. Bagaimana solusi yang dilakukan oleh perusahaan jasa pengiriman barang dalam menangani risiko-risiko tersebut?, 3. Bagaimana analisis hukum islam terhadap risiko-risiko pada jasa pengiriman barang?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui risiko-risiko yang ada pada jasa pengiriman barang. 2. Untuk mengetahui solusi-solusi yang dilakukan perusahaan jasa pengiriman barang dalam menangani risiko-risiko tersebut. 3. Untuk mengetahui bagaimana analisis hukum islam terhadap risiko-risiko pada jasa pengiriman barang. Penelitian ini menurut jenisnya termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan empiris. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan juga memakai data yang diperoleh dari buku-buku, jurnal, skripsi, media elektronik dan referensi lain yang relevan terhadap penelitian ini, yang kemudian disusun secara terstuktur untuk menarik kesimpulan yang menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini, bahwa risiko-risiko yang terjadi pada perusahaan jasa pengiriman barang khususnya pada J&T Express cabang Kota Serang banyak diakibatkan oleh kelalaian SDA sehingga menyebabkan kerusakan barang, kehilangan barang, kesalahan dalam pengiriman serta keterlambatan pada pengiriman. Untuk menanggung risiko-risiko yang terjadi, J&T Express cabang Kota Serang mempunyai solusi melalui manajemen risiko atau pengeloaan risiko. Namun dalam prosesnya, diperlukannya bukti dari konsumen agar pihak J&T Express cabang Kota Serang dapat melakukan tanggung jawab atas risiko yang terjadi. Ketika konsumen memilih J&T Express cabang Kota Serang sebagai pihak kedua dalam proses pengiriman barang, maka kedua belah pihak telah melakukan perjanjian (berakad). Dalam islam setiap perjanjian harus ditepati kedua belah pihak. Jika salah satu pihak tidak terpenuhi janjinya, maka akad tersebut menjadi tidak sah dan salah satu pihak harus melakukan ganti rugi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): risiko-risiko, pengiriman barang, J&T Express
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek muamalat lainnya
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Des 2023 07:47
Perubahan Terakhir: 15 Des 2023 07:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13946

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.