Sewa Menyewa Sawah Dibayar Hasil Panen Perspektif Hukum Islam Studi Kasus di Kampung Citurus Kelurahan Cilowong Kecamatan Taktakan Kota Serang

Kamilah, Iday Hidayatul (2023) Sewa Menyewa Sawah Dibayar Hasil Panen Perspektif Hukum Islam Studi Kasus di Kampung Citurus Kelurahan Cilowong Kecamatan Taktakan Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130011_COVER.pdf

Download (203kB)
[img] Teks
S_HES_191130011_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (824kB)
[img] Teks
S_HES_191130011_BAB I.pdf

Download (677kB)
[img] Teks
S_HES_191130011_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (348kB)
[img] Teks
S_HES_191130011_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (867kB)
[img] Teks
S_HES_191130011_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (481kB)
[img] Teks
S_HES_191130011_BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Teks
S_HES_191130011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)

Abstrak

Pada dasarnya sewa-menyewa merupakan penukaran manfaat barang yang telah jelas wujudnya tanpa diikuti dengan perpindahan kepemilikannya. Sewa-menyewa sudah menjadi kebiasaan dalam masyarakat. Rukun sewa-menyewa yaitu orang yang mengadakan perjanjian, sesuatu yang dijadikan perjanjian meliputi, ongkos dan manfaat, dan rukun yang terakhir adalah pernyataan perjanjian. Akan tetapi banyak warga yang kurang memahami akan ketentuan sewa-menyewa yang sesuai dengan syariat Islam yang tidak lagi mementingkan prinsip-prinsip dalam muamalah. Seperti kasus di Kampung Citurus Kelurahan Cilowong Kecamatan Taktakan Kota Serang yang masih banyak warga melakukan transaksi sewa-menyewa tetapi melanggar aturan Islam sehingga ada salah satu pihak yang mengalami kerugian dan menyebabkan tidak sah nya sewa-menyewa tersebut. Perumusan masalahnya adalah : 1). Bagaimana sistem sewa-menyewa sawah di Kampung Citurus Kelurahan Cilowong Kecamatan Taktakan Kota Serang ? 2). Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang sistem sewa-menyewa sawah di Kampung Citurus Kelurahan Cilowong Kecamatan Taktakan Kota Serang ? Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui sistem sewa-menyewa sawah di Kampung Citurus Kelurahan Cilowong Kecamatan Taktakan Kota Serang. 2). Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang sistem sewa- menyewa sawah di Kampung Citurus Kelurahan Cilowong Kecamatan Taktakan Kota Serang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau penelitian lapangan yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Mengumpulkan data dari lokasi tujuan, dan penelitian kepustakaan mendapat informasi seputar permasalahan dari beberapa buku yang membahas tentang sewa menyewa dalam hukum Islam. Data primer diperoleh dari responden melalui wawancara kepada pemilik dan penyewa untuk memenuhi informasi yang diinginkan. Data sekunder adalah data yang tersedia dalam beberapa bentuk melalui kajian Tinjauan Hukum Islam, Pustaka, perundang undangan dan beberapa informasi penting yang berkaitan dengan judul ini. Kesimpulannya adalah 1). transaksi sewa-menyewa di Kampung Citurus Kelurahan Cilowong Kecamatan Taktakan Kota Serang dilakukan oleh pemilik dan penyewa sawah dengan melakukan akad secara lisan dan dengan kesepakatan bersama adanya uang sewa diawal, dan untuk pembayaran selanjutnya adalah pembayaran sistem masa panen, dan hal tersebut mengandung unsur ketidakpastian. Juga dalam akhir masa sewa, penyewa ingkar janji dalam akadnya. 2). Dapat disimpulkan praktik sewa-menyawa di Kampung Citurus Kelurahan Cilowong Kecamatan Taktakan Kota Serang ini masih belum sesuai dengan ketentuan dan syariat Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Sewa Menyewa, Sawah, Tinjauan Hukum Islam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam > 2x4.223 Sewa menyewa
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 07 Des 2023 07:35
Perubahan Terakhir: 07 Des 2023 07:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13923

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.