Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Batu Bata dengan Sistem Ngijo (Studi Kasus di Kelurahan Karang Asem Kecamatan Cibeber Kota Cilegon)

Hermawan, Hermawan (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Batu Bata dengan Sistem Ngijo (Studi Kasus di Kelurahan Karang Asem Kecamatan Cibeber Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130038_Cover.pdf

Download (212kB)
[img] Teks
S_HES_191130038_Lampiran Depan.pdf

Download (995kB)
[img] Teks
S_HES_191130038_Bab I.pdf

Download (249kB)
[img] Teks
S_HES_191130038_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (348kB)
[img] Teks
S_HES_191130038_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (271kB)
[img] Teks
S_HES_191130038_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (251kB)
[img] Teks
S_HES_191130038_Bab V.pdf

Download (167kB)
[img] Teks
S_HES_191130038_Daftar Pustaka.pdf

Download (154kB)

Abstrak

Konsep jual beli yang diterapkan di masyarakat pada masa sekarang telah dikemas kedalam berbagai macam. Sebagaimana pada praktik jual beli batu bata dengan sistem ngijo di Kelurahan Karang Asem Kecamatan Cibeber Kota Cilegon, jual beli menggunakan sistem ngijo adalah jual beli dengan sistem pemesanan. Dalam praktiknya penjual dan pembeli melakukan perjanjian mengenai harga, jumlah, waktu pembuatan, serta gambaran umum terkait kualitas barang. Dalam produksi batu bata sering dijumpai penjual melakukan wanprestasi terhadap kualitas barang dan waktu pengerjaan barang tidak sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. berdasarkan masalah tersebut penulis tertarik melakukan penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul Tinjauan Hukum islam Terhadap Jual Beli Batu Bata Dengan Sistem Ngijo di Kelurahan Karang Asem Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. Perumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana praktik jual beli batu bata dengan sistem ngijo di Kelurahan Karang Asem Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. 2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli batu bata dengan sistem ngijo di Kelurahan Karang Asem Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli batu bata dengan sistem ngijo di Kelurahan Karang Asem Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. 2) Untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli batu bata dengan sistem ngijo di Kelurahan Karang Asem Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis empiris yaitu penelitian hukum mengenai pemberlakuan hukum secara langsung pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam masyarakat dan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mempergunakan analisis deskriptif dengan analisis sumber data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh melalui wawancara, data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Kesimpulan yang dapat diambil adalah: 1) Praktik jual beli batu bata dengan sistem ngijo sama dengan jual beli sistem salam dimana terdapat pesanan barang yang ditangguhkan atau barang belum ada pada saat akad pemesanan terjadi. Penetapan harga dilakukan diawal pemesanan dan uang langsung diberikan secara penuh, kualitas barang ditentukan ketika akad berlangsung.2) Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, praktik jual beli batu bata dengan sistem ngijo di Kelurahan Karang Asem Kecamatan Cibeber Kota Cilegon tidak sah menurut hukum Islam karena syaratnya tidak terpenuhi dikarenakan barang yang dipesan belum diserahkan pada waktu yang ditetapkan dan barang tidak sesuai dengan yang disepakati dalam akad.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Jual Beli Salam, Hukum Islam, Penyelesaian Sengketa Salam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 07 Des 2023 03:51
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 03:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13917

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.